20 Mei 2017 08:55:06

Menjaga Semangat Kebangkitan Nasional Tetap Menyala

semangat nasionalisme yang tumbuh di kalangan pelajar.

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei, dilatar belakangi berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Secara harfiah kata budi bermakna perangai atau tabiat, sedangkan utomo berarti baik atau luhur. Budi Utomo tumbuh sebagai organisasi yang digunakan anggotanya mencapai sesuatu berdasarkan keluhuran budi serta kebaikan perangai sebagai gambaran sikap kaum cendekia. Dengan semangat yang muncul dari organisasi tersebut diharapkan dapat membawa bangsa Indonesia bangkit merebut kemerdekaan dengan menyebarkan perangai yang baik, khususnya untuk kaum pribumi yang terpelajar.

Munculnya organsasi Boedi Oetomo yang menjadi latar belakang hadirnya Hari Kebangkitan Nasional memang sebagian besar diprakarsai oleh kaum-kaum terpelajar. Mereka peduli terhadap rendahnya pendidikan, padahal pendidikan merupakan hal penting untuk membangun sebuah bangsa. Mereka juga peduli bagaimana arus informasi dapat mempengaruhi semangat untuk bersatu dan berjuang bersama melawan penjajah. Semangat inilah yang sampai hari ini harus kita jaga dan terus kita kobarkan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Presiden Joko Widodo menuturkan bahwa pendidikan merupakan faktor utama yang mendukung kebangkitan Indonesia. Meskipun Indonesia memiliki kekayaan alam yang besar, namun untuk membangun bangsa Indonesia perlu sumber daya manusia yang cakap dan terdidik. Indonesia akan menjadi negara yang besar jika banyak generasi terdidik berperan dalam segala aspek pembangunan. Dari generasi inilah akan hadir ide dan gagasan baru untuk kemajuan bangsa. Maka sudah menjadi tugas pendidikl untuk mencetak generasi-generasi baru bangsa Indonesia yang memiliki semangat nasionalisme membangun Indonesia lebih baik.

Hari ini, kita masih dapat memaknai semangat kebangkitan nasional dengan memupuk nasionalisme dalam diri masing-masing. Dengan semangat nasionalisme yang membara, rakyat Indonesia dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai ancaman yang akan memecah belah kesatuan negara, baik ancaman dari luar maupun dari dalam. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dapat dijadikan momen untuk kembali menyalakan semangat perubahan dalam diri serta bergerak mengatasi masalah-masalah yang dihadapi bangsa kita sekarang dan di masa yang akan datang.