19 Mei 2017 09:48:04

Membiasakan Anak Gemar Membaca Sejak Dini

Membiasakan membaca sejak dini dapat dilakukan di lingkungan keluarga

Budaya membaca buku dapat dimulai sejak dini di lingkungan terkecil yaitu keluarga. Orang tua yang gemar membaca buku dan menerapkan budaya membaca kepada anak-anaknya akan menghasilkan anak-anak yang gemar membaca buku. Meski anak-anak akan lebih memilih bermain atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya, namun kebiasaan membaca tetap harus diajarkan kepada mereka. Membaca dapat memberikan manfaat bagi anak-anak, di antaranya adalah untuk membangkitkan daya imajinasi di masa keemasan perkembangannya. Selain itu membaca buku dapat meningkatkan perbendaaraan kosakata, mempertajam ingatan, bahkan juga memperkuat harga diri.

Ada beberapa cara untuk mengajak anak membaca buku sejak kecil. Hal-hal berikut dapat dengan mudah diterapkan oleh orang tua selama membudayakan gemar membaca kepada anak-anaknya.

a. Menjadi orang tua yang gemar membaca

Anak lebih mudah meniru perilaku orang tua dibanding mematuhi perkataannya. Maka dari itu, mulailah memberi contoh membaca buku di depan anak-anak. Kemudian ceritakan isi buku yang sedang dibaca itu kepada anak-anak, maka dari sana akan muncul keinginan anak untuk membaca.

b. Mengajak anak ke perpustakaan atau toko buku

Untuk memunculkan minat membaca pada anak, ajaklah anak-anak berkunjung ke perpustakaan dan toko buku. Di sana anak dapat melihat beragam buku yang sesuai dengan usianya. Berikan kesempatan anak-anak untuk memilih buku yang diminatinya, sambil membimbing dan mengarahkan kalau perlu. Buatlah kegiatan berkunjung ke perpustakaan dan toko buku semenyenangkan berkunjung ke tempat hiburan, dengan menunjukkan bahwa di sana anak-anak dapat membaca banyak buku yang mereka sukai.

c. Membaca bersama-sama

Jika Anda adalah orang tua yang sibuk, aktivitas membaca buku dapat menjadi waktu yang berkualitas bersama anak-anak. Membaca buku bersama dapat dilakukan di waktu yang sudah disepakati. Aktivitas seperti itu akan membuat anak-anak mengerti bahwa membaca buku membuat mereka memiliki waktu kebersamaan yang banyak dengan orang tuanya.

d. Menciptakan rumah yang penuh dengan buku

Menyisihkan sebagian uang untuk membeli koleksi buku dapat menjadi investasi pendidikan bagi anak-anak kita kelak. Memenuhi seisi rumah dengan buku-buku akan menarik perhatian anak-anak, dengan itu lambat laun minat membaca akan muncul.

e. Berilah anak penghargaan

Memberi penghargaan atas pencapaian anak-anak akan membuat mereka semakin termotivasi untuk membaca. Jika anak sudah menyelesaikan tugas membacanya dengan baik, cobalah untuk merayakan hal tersebut dengan hal yang istimewa, salah satunya dengan memberi hadiah.