19 Mei 2017 08:46:40

Pentingnya Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan

Pentingnya Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan

PARIGI MOUTONG – Saat ini kita hidup di era digital, di mana teknologi memainkan peran yang sangat penting. Hampir tidak ada satu pun aspek dalam kehidupan kita yang luput dari peran teknologi, tak terkecuali dunia pendidikan. Sebagai contoh, saat ini ujian nasional sudah mulai menggunakan komputer sebagai sarananya. Ujian nasional yang populer dengan sebutan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) ini merupakan salah satu bukti konkret akan pentingnya teknologi dalam dunia pendidikan.

Teknologi pendidikan sendiri sesungguhnya sudah menjadi perhatian para ahli sejak lama, antara lain melalui dibentuknya jurusan teknologi pendidikan di perguruan tinggi. Namun selama ini fokusnya lebih pada perangkat pendidikan seperti alat peraga edukatif.

Seiring perkembangan zaman, era globalisasi membawa dampak munculnya revolusi informasi dengan televisi, ponsel, dan terutama internet sebagai medianya. Hal ini berdampak langsung pada penyelenggaraan pendidikan di tingkat satuan pendidikan, dan disadari betul oleh para pemangku kebijakan. Salah satu respon pemerintah adalah menetapkan Standar Proses (Permendikbud No 22/2016), yang antara lain menekankan bahwa kegiatan pembelajaran dalam K-13 harus berprinsip pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Pentingnya TIK dalam pendidikan ini disampaikan oleh Bupati Parigi Moutong, H. Samsurizal Tombolotutu, dalam sambutan yang disampaikan pada acara Sosialisasi Kurikulum 2013 Satuan Pendidikan Kabupaten Parigi Moutong yang digelar hari ini, Jumat 19/5. Beliau menekankan pentingnya penggunaan internet dan media pembelajaran yang inovatif dalam penyelenggaraan pendidikan.

Acara sosialisasi kurikulum ini digelar di Auditorium Kantor Bupati dan dihadiri oleh guru-guru di wilayah Kabupaten Parigi Moutong. Hadir pula dalam acara ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Parigi Moutong, Adrudin Nur, S.Pd., M.Si. dan jajarannya. (M)