23 Oktober 2019 14:44:43

Sudah Terbit! Ini Foto Resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024

Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara telah menerbitkan foto resmi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Ir. H. Joko Widodo dan K.H. Ma’ruf Amin telah dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 lalu. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara pun telah menerbitkan foto resmi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 tersebut. Foto resmi Presiden dan Wakil Presiden RI dapat diunduh melalui website Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id). Adapun dalam penggunaannya harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan.

Ketentuan Penggunaan Foto Resmi Presiden dan Wakil Presiden RI

Bila mengacu pada Pasal 51 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, yang wajib dipajang di gedung dan/atau kantor Presiden dan Wakil Presiden, lembaga negara, instansi pemerintah, serta kantor lainnya adalah Lambang Negara, yaitu Garuda Pancasila dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Lebih lanjut, pemasangan Lambang Negara tersebut harus ditempatkan bersama-sama dengan foto resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden. Hal tersebut sebagaimana yang tercantum pada Pasal 55 UU Nomor 24 Tahun 2009 yang menyebutkan bahwa foto resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden ditempatkan sejajar dan dipasang lebih rendah daripada Lambang Negara.

Ketentuan Pencetakan Foto Resmi Presiden dan Wakil Presiden RI

Selain merilis foto resmi presiden dan wakil presiden, Kementerian Sekretariat Negara juga menyampaikan ketentuan dalam mencetak foto-foto tersebut. Foto resmi Presiden dan Wakil Presiden RI harus dicetak menggunakan kertas Art Carton 260 gram dengan 4 warna offset. Selain itu, foto resmi Presiden dan Wakil Presiden RI juga dapat dicetak dalam dua ukuran, yaitu A2 (tinggi 64,5 cm dan lebar 48,6 cm) serta A3 (tinggi 42,5 cm dan lebar 32 cm).

Menanggapi hal tersebut, Mendikbud melalui Surat Edaran Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pemasangan Simbol-Simbol Negara di Satuan Pendidikan menyampaikan bahwa ukuran foto resmi Presiden dan Wakil Presiden dengan Lambang Negara yang digunakan oleh satuan pendidikan agar disesuaikan dengan luas ruangan dan estetika (keindahan). Selanjutnya, foto tersebut dibingkai atau pigura dengan baik dan rapi. Dengan demikian, pemerintah menghimbau kepada seluruh lembaga atau instansi terkait untuk segera memperbarui foto Presiden dan Wakil Presiden RI sesuai dengan foto resmi terbaru yang telah diterbitkan.