03 Mei 2017 08:39:41

Pemburu dan Singa

Pemburu dan Singa

Seorang pemburu berjalan sendirian di pinggiran hutan. Jauh di belakangnya, seekor singa berjalan mengendap-endap membuntutinya. Sepertinya singa itu bermaksud menerkamnya ketika hari mulai gelap.

Pemburu menyadari ada singa yang sedang mengawasinya. Ia ingin berlari, tetapi tahu bahwa kalau ia berlari singa itu justru akan segera menangkapnya. Sebab singa jauh lebih cepat larinya daripada manusia. Maka, ia berjalan dengan bergegas sambil menoleh ke belakang mengawasi gerak-gerik singa.

Sambil berjalan, pemburu berpikir. Ia mencari cara agar dapat selamat dari binatang buas tersebut.

Akhirnya, pemburu tiba di bukit yang agak tinggi. Ia mendaki. Matahari hampir terbenam dan hari mulai gelap. Sementara singa merasa sudah saatnya menangkap pemburu. Raja hutan itu berjalan mendekat.

Pemburu sampai di puncak bukit. Ia mengamati sekeliling. Di depannya terlihat jurang yang sangat dalam. Banyak batu-batu besar dan tajam di bawah sana. Ia menemukan akal.

Dilepasnya pakaian dan topinya, lalu keduanya dikenakan pada senapannya. Setelah itu ia bersembunyi di balik batu sambil mengangkat senapan yang telah diberi pakaian menyerupai orang-orangan.

Singa melihat sosok bertopi berdiri di atas batu. ia pun dan melompat sekuat tenaga ke arah sosok bertopi itu. Ia mengira bahwa sosok itu adalah lelaki yang berdiri di tempatnya. Tanpa ampun, singa terlempar ke dalam jurang dan terkapar di atas batu-batu.

Sementara pemburu itu selamat berkat kecerdikannya.