03 Mei 2017 08:26:08

Hadiah Tikus

Hadiah Tikus

Seorang perempuan memiliki kucing cantik yang sangat ia sayangi. Seekor kucing yang sangat lihai menangkap tikus. Suatu hari, kucing keluar dan tidak pulang seperti biasanya. Perempuan itu begitu cemas, lalu mencarinya. Ia menemukan kucingnya mati di pinggir jalan. Ada luka bekas tembakan di kepalanya. Perempuan itu merasa sangat sedih.

Beberapa hari kemudian, ia mendapat kabar bahwa kucingnya ditembak oleh tetangganya. Tetangganya itu seorang lelaki yang memang suka menembaki hewan. Perempuan itu tidak menyangka tetangganya tega melakukan perbuatan jahat kepada kucingnya. Sebab selama ini lelaki itu tidak pernah mengeluh atau mengatakan bahwa ia terganggu oleh kucingnya.

Perempuan itu merasa sangat marah atas perbuatan buruk tersebut. Ia bertekad membalas ulah lelaki yang tidak bersikap baik kepada tetangganya. Dibelinya tikus-tikus dari pemburu. Jumlahnya lebih dari 50 ekor. Lalu ia meletakkan tikus-tikus itu ke dalam sebuah kotak besar dan menuliskan nama tetangganya. Kotak itu ia kirimkan kepada tetangganya melalui pos.

Ketika menerima kotak, lelaki itu amat gembira. Ia mengira kotak itu adalah hadiah yang berharga dari salah satu sahabatnya. Dibukanya kotak tersebut untuk mengetahui isinya.

Tiba-tiba tikus-tikus berhamburan keluar, melompat ke wajahnya dan menyebar ke penjuru kamar. Lelaki itu merasa jijik dan ketakutan melihat tikus yang sangat banyak di kamarnya. Ia mencoba menerka, siapa yang berbuat ini kepadanya.

Kemudian ia menoleh ke dalam kotak. Dilihatnya secarik kertas. Pada kertas itu tertulis kalimat yang ditulis dengan tinta merah:

“KAMU TELAH MEMBUNUH KUCINGKU DAN MEMBUATKU SANGAT SEDIH. SEKARANG KUHADIAHKAN KEPADAMU TIKUS-TIKUS INI KEPADAMU, KARENA SEKARANG MEREKA BEBAS BERKELIARAN DI RUMAHKU TANPA PENJAGA.”

Lelaki itu menyadari kesalahannya. Ia menerima hadiah tikus dan menganggapnya sebagai balasan yang setimpal atas perbuatan buruknya.