02 Mei 2017 16:07:43

Hari Pendidikan Nasional sebagai Momentum untuk Beralih ke Media Pembelajaran Online

Hari Pendidikan Nasional sebagai Momentum untuk Beralih ke Media Pembelajaran Online

Hari Pendidikan Nasional seharusnya tidak hanya diperingati dengan mengikuti upacara bendera dan mendengarkan pidato. Momentum ini dapat kita gunakan untuk benar-benar mengevaluasi cara mendidik generasi muda demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang baik seharusnya bisa diakses oleh semua kalangan, baik di kota maupun di pelosok daerah. Pendidikan juga harus bisa membangun identitas bangsa Indonesia yang berbudaya dan beradab, serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama, budaya dan moral sebagai identitas rakyat Indonesia.

Pemerintah menyadari bahwa pendidikan yang berkualitas akan menciptakan manusia yang berkualitas pula. Dengan demikian, kita memiliki sumber daya manusia yang dapat menyokong pembangunan Indonesia dari masa ke masa. Selain itu, melalui pendidikan kita bisa memperkuat nilai persatuan yang telah ditanamkan oleh para pendiri negara Indonesia. Oleh karenanya, pemerintah saat ini berkomitmen untuk membangun Indonesia secara merata untuk mewujudkan kedaulatan secara penuh. Hal ini akan terwujud jika masyarakat di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) memiliki akses untuk mendapat pendidikan yang berkualitas.

Program untuk meningkatkan kualitas pendidikan telah gencar dilakukan. Salah satu program pemerintah adalah Program Indonesia Pintar. Salah satu tujuan dari program ini adalah meningkatkan akses pendidikan hingga ke sekolah menengah atas dan sekolah kejuruan, sehingga generasi muda akan siap untuk memasuki pasar kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Sumber daya manusia yang siap, akan mampu bersaing di dunia kerja. Dengan demikian, kualitas hidup masyarakat Indonesia pada masa yang akan datang juga akan meningkat.

Kemajuan teknologi juga dapat dimanfaatkan secara positif untuk dapat membantu pembangunan karakter bangsa Indonesia. Salah satunya dengan tersedianya media pembelajaran online. Media pembelajaran berbasis online dapat menjadi solusi dari masalah pendidikan di Indonesia dimana banyak daerah kesulitan mendapatkan bahan belajar. Media pembelajaran online bisa menyediakan konten-konten yang aktual dan kontekstual untuk membantu kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun di rumah. Dengan adanya media pembelajaran online yang sesuai dengan kurikulum, diharapkan dapat mempermudah akses pendidikan tidak hanya di perkotaan namun juga di daerah 3T.

Pendidikan yang disampaikan melalui media pembelajaran online harus bisa menyesuaikan dengan kurikulum pendidikan nasional. Aspek pendidikan kewarganegaraan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta tanah air, semangat bela negara, dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia dapat disajikan dengan lebih menarik. Membangun karakter bangsa bisa dilakukan dengan hal-hal menyenangkan, salah satunya melalui media pembelajaran online seperti Rumah Juara.