17 November 2018 08:49:30

Penerapan Pembelajaran PPKn Melalui Bacaan Anak Di Rumah Juara

Belajar PPKn menjadi lebih mudah dengan fitur bacaan anak di Rumah Juara.

PPKn adalah salah satu mata pelajaran pokok dalam Kurikulum 2013. Tujuan pembelajaran PPKn berfokus pada kecerdasan siswa dalam dimensi spiritual, sosial, emosional, dan rasional. Selain itu, pembelajaran ini bertujuan mengembangkan wawasan kebangsaan agar siswa dapat menjadi warga negara yang baik. Siswa juga diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. 

Pembelajaran PPKn yang Belum Optimal dan Solusinya

Sayangnya, tujuan pembelajaran PPKn masih belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah sulitnya guru dalam menyampaikan inti dari mata pelajaran PPKn. Faktor lain adalah implementasi pembelajaran PPKn yang diterapkan hanya sebatas menghafal. Tidak ada praktik langsung serta bukti nyata dari manfaat dan akibat dari pembelajaran PPKn dalam kehidupan sehari-hari. Banyak siswa juga merasa kurang  antusias  mengikuti  proses  pembelajaran PPKn.

Salah satu metode pembelajaran PPKn yang dapat memacu keterlibatan siswa adalah metode cerita. Selain membuat siswa lebih aktif, metode ini cocok digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai moral, kewarganegaraan, dan Pancasila pada siswa. Melalui cerita, siswa dapat mengasosiasikan dirinya dalam suatu peran tertentu sehingga siswa lebih memahami, mendalami, dan mengerti tindakan yang dilakukan oleh orang lain di lingkungannya.

Pembelajaran PPKn Melalui Bacaan Anak di Rumah Juara

Untuk dapat menerapkan metode cerita dalam pembelajaran PPKn, dibutuhkan sumber bacaan yang bermanfaat dan mudah diakses. Rumah Juara sebagai salah satu tempat belajar yang dapat digunakan oleh siswa. Siswa bisa mengakses fitur-fitur Rumah Juara melalui akun siswa yang didaftarkan oleh orang tua. Klik di sini untuk mendaftarkan diri sebagai orang tua. Ada dua fitur di Rumah Juara yang menyediakan berbagai bacaan yang cocok sebagai media pembelajar PPKn.

1. Bacaan Anak dalam Fitur Ebook

Bacaan anak dalam fitur ebook terbagi dalam dua bagian, yaitu buku teks dan buku cerita/dongeng. Bacaan anak pada bagian cerita/dongeng inilah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar PPKn. Bacaan tersebut pasti tidak akan membuat pembacanya merasa bosan. Siswa dapat kita ajak untuk membaca cerita tersebut. Setelah membaca atau mendengarkan cerita tersebut, siswa bisa melihat bagaimana sikap atau perilaku dapat menimbulkan dampak positif atau negatif bagi pelaku maupun lingkungan.

2. Bacaan Anak dalam Ruang Siswa

Sumber bacaan lain yang tersedia di Rumah Juara adalah bacaan anak dalam ruang siswa. Ada lebih banyak bahan bacaan dengan topik yang lebih luas bagi siswa dalam ruang siswa. Bacaan tidak hanya dapat digunakan sebagai sumber belajar mata pelajaran PPKn, tetapi juga mata pelajaran lainnya. Dari semua bacaan anak yang tersedia dalam ruang siswa ini, siswa dapat belajar mengenai perilaku sehari-hari. Siswa juga dapat melihat penerapan dari ilmu-ilmu pengetahuan yang mereka pelajari secara formal di sekolah.

Coba Gratis Bacaan Anak Rumah Juara