12 November 2018 08:51:30

5 Tips Belajar Buku Tematik untuk Siswa di Rumah

Anak dapat lebih optimal memahami suatu tema, jika ada jadwal khusus untuk belajar.

Buku tematik terbagi atas dua jenis, yaitu buku guru dan buku siswa. Buku guru ditujukan khusus untuk para guru. Isinya membahas tentang panduan mengajar dan menilai kegiatan pembelajaran siswa. Sementara itu, buku siswa adalah buku wajib yang digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa. Kedua buku ini digunakan secara beriringan.

Buku siswa untuk setiap kelas terbagi atas beberapa tema. Satu buku mengusung satu tema yang berbeda. Satu tema tersebut terbagi atas beberapa subtema yang berkaitan. Menariknya, semua mata pelajaran diintegrasikan ke dalam tema dan subtema tersebut. Ada sejumlah tips yang dapat diterapkan untuk mempelajari buku siswa di rumah. Berikut di antaranya.

1. Baca Kembali Uraian dalam Buku Tematik

Buku tematik memiliki uraian yang cukup detail mengenai hal-hal yang harus dipelajari. Jika anak belum lancar membaca, orang tua bisa membantu membacakan kembali uraian tersebut. Melalui bagian tersebut, orang tua dapat menolong anak mengetahui apa hal yang harus dipelajarinya.

2. Mintalah Anak untuk Menceritakan Pendapatnya

Salah satu bagian dalam buku tematik adalah Ayo Mencoba. Pada bagian ini, anak diharapkan dapat mencoba sesuatu yang berkaitan dengan tema. Di rumah, orang tua dapat meminta anak untuk memperagakan kegiatan tersebut. Lalu, mintalah anak untuk menceritakan kesan dan pendapatnya dari kegiatan tersebut.

3. Berikan Contoh Lain yang Serupa

Di buku tematik, ada sejumlah contoh yang bisa digunakan untuk memudahkan anak untuk mempelajari tema. Namun, orang tua juga dapat menambah contoh-contoh tersebut untuk memperkaya pemahaman anak. Ambillah contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga lebih mudah untuk menjelaskannya kepada anak.

4. Jadikan Kegiatan Belajar Menyenangkan

Kegiatan belajar seharusnya menyenangkan dan tidak membosankan. Oleh karena itu, lakukanlah kegiatan belajar dengan cara-cara yang tidak monoton. Jika memungkinkan, belajarlah di luar rumah atau sesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari. Dengan demikian, anak pun akan merasa lebih antusias untuk mempelajari tema tersebut.

5. Buatlah Jadwal Belajar

Sebenarnya, belajar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, supaya anak dapat lebih optimal memahami suatu tema, lebih baik jika ada jadwal khusus untuk belajar. Jadwal belajar buku tematik bisa dibuat berdasarkan kenyamanan anak. Pastikan anak dalam keadaan siap untuk belajar sehingga waktu belajar menjadi lebih efektif.

Beberapa tips tersebut bisa diterapkan oleh orang tua untuk membantu anak mempelajari buku siswa di rumah. Meskipun awalnya tampak sulit diterapkan, sebenarnya materi yang terdapat dalam buku tematik sangat praktis. Jadi, orang tua harus berperan aktif dalam membantu anak.

Baca juga: Langkah-Langkah Belajar dengan Buku Tematik.