10 November 2018 10:29:12

Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Jelang Peringatan Hari Pahlawan 2018

Presiden Joko Widodo memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh Indonesia.

Bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan pada tanggal 10 November. Pemilihan tanggal tersebut merupakan peringatan salah satu pertempuran paling dahsyat yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia. Pertempuran yang terjadi di Surabaya kala itu merupakan simbol kuatnya rasa nasionalisme bangsa Indonesia yang melakukan perlawanan terhadap kolonialisme. Oleh karenanya, untuk senantiasa mengingat semangat nasionalisme yang membara, maka ditetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan.

Penetapan Gelar Pahlawan Nasional

Kita mengenal berbagai gelar pahlawan nasional. Gelar ini dapat disematkan kepada orang-orang yang memiliki jasa besar kepada bangsa dan negara. Ketentuan penyebutan dan penyematan gelar pahlawan secara khusus tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Jika ditelaah kembali, Pasal 1 angka 4 menjelaskan, pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Lebih lanjut, Pasal 4 ayat (1) UU No. 20 Tahun 2009 dan pada Pasal 2 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) No. 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU No. 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, ditegaskan kembali bahwa gelar yang diberikan berupa Pahlawan Nasional. Gelar ini diberikan oleh presiden melalui Keputusan Presiden. Hal ini tercantum dalam Pasal 32 UU No. 20 Tahun 2009. Untuk memperoleh gelar sebagai pahlawan nasional, harus memenuhi syarat umum dan syarat khusus sebagaimana diatur dalam Pasal 25 dan Pasal 26 UU No. 20/2009.

Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional 2018

Sebagai implementasi dari Keppres Nomor 123/TK/Tahun 2018 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, Presiden Joko Widodo memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh Indonesia. Nama-nama tersebut merupakan hasil seleksi dari presiden bersama dengan Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) di Kementerian Sosial. Prosesi pemberian gelar Pahlawan Nasional itu berlangsung di Istana Negara, Kamis, 8 November 2018. Pemberian gelar itu diterima oleh para ahli waris. Keenam nama pahlawan nasional tersebut antara lain sebagai berikut.