30 Oktober 2018 10:11:12

Berkemah Bersama Anak, Ini Manfaatnya

Berbeda dengan kegiatan liburan lain, berkemah mengedepankan pengalaman berdekatan dengan alam.

Sebelum anak-anak tumbuh dewasa, orang tua perlu memperkaya mereka dengan berbagai pengalaman positif. Selain untuk menorehkan kenangan yang tak terlupakan, aktivitas bersama anak akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya, mengajak anak menikmati hari libur dengan berkemah.

Apa perlunya berkemah bersama anak? Berbeda dengan kegiatan liburan lain, berkemah mengedepankan pengalaman berdekatan dengan alam. Hal ini pasti akan sangat menyenangkan bagi anak karena alam sebenarnya merupakan tempat bermain yang mahaluas dan menarik untuk dieksplorasi. Supaya Anda semakin tertarik untuk berkemah bersama anak, simak apa saja manfaatnya berikut ini.

1. Melatih Fisik Anak

Salah satu tujuan berkemah adalah untuk melatih fisik anak. Pasalnya, alam bebas menyajikan sejumlah tantangan yang harus ditaklukkan supaya seseorang dapat bertahan hidup. Contoh sederhana, pada malam hari, suhu udara di luar rumah pasti lebih dingin daripada di dalam rumah. Ketika berkemah, fisik anak dilatih supaya dapat menghadapi hal tersebut. Semakin banyak menjalani latihan, tubuh anak akan terbiasa.

Hal yang perlu diperhatikan orang tua adalah faktor keamanan. Kenali sejauh mana fisik anak bisa menerima latihan tersebut. Tidak perlu terlalu memaksa anak karena daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa.
2. Menumbuhkan Kecerdasan Naturalis Anak

Selain fisik yang terlatih, anak juga akan memiliki kecerdasan naturalis yang tinggi ketika sering berinteraksi di alam bebas. Kecerdasan naturalis adalah kemampuan mengenali flora dan fauna dan memetakan hubungan antara spesies yang hidup di alam. Kecerdasan ini juga berhubungan dengan kepekaan terhadap fenomena alam, seperti bentuk awan.

Salah satu ciri orang yang memiliki kecerdasan naturalis adalah memiliki rasa ingin tahu dan antusiasme yang tinggi terhadap alam. Kecerdasan ini sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan alam, seperti berkebun. Untuk menumbuhkan kecerdasan naturalis anak, cara yang paling sederhana adalah mengajak anak untuk berkemah.

3. Mengembangkan Karakter Mandiri pada Anak

Manfaat berkemah lainnya adalah untuk mengembangkan karakter kemandirian pada anak. Pasalnya, fasilitas yang tersedia di alam bebas tidak sekomplet fasilitas yang ada di rumah. Hal-hal yang semula dapat diperoleh dengan mudah di rumah, harus diusahakan dengan upaya lebih besar ketika berada di alam bebas.

Kondisi seperti ini mau tidak mau akan membuat anak berlatih untuk mandiri. Dalam hal ini, orang tua harus memberikan teladan terlebih dahulu supaya anak mengetahui cara bertahan hidup yang paling tepat.

4. Membangun Kedekatan dalam Keluarga

Berkemah juga bermanfaat untuk membangun kedekatan di antara anggota keluarga. Pada saat kegiatan ini berlangsung, orang tua sebaiknya menunda atau menghindari aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan. Ketika berkemah, masing-masing anggota keluarga dapat berkumpul dan menikmati kebersamaan tanpa diganggu oleh kesibukan sendiri.

Supaya kegiatan ini berlangsung optimal, ada baiknya aturan khusus diberlakukan, misalnya mengurangi penggunaan gawai selama berkemah, melakukan aktivitas yang melibatkan banyak orang, dan sebagainya.