29 Oktober 2018 09:29:03

Lakukan Hal Ini Sebelum Mengajak Anak Bermain di Tempat Umum

Manfaat bermain di tempat umum adalah memberikan kepada anak lebih banyak pengalaman seru.

Masa anak-anak adalah masa untuk bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Ruang bermain anak bukan hanya di dalam rumah. Ada banyak wahana bermain yang kini tersedia di luar rumah. Bahkan, di beberapa kota, tersedia playground atau area bermain untuk anak-anak yang dibangun di area ruang publik. Untuk mengakses tempat ini biasanya tidak dikenakan biaya.

Manfaat Bermain di Tempat Umum

Sensasi bermain di tempat umum berbeda dengan bermain di rumah. Pasalnya, ada banyak orang lain atau anak-anak lain yang juga ikut beraktivitas di sekeliling anak. Sisi positifnya, anak dapat melatih kecerdasan emosinya ketika berinteraksi dengan orang lain selain orang tua. Dengan berinteraksi dengan orang lain, akan melatih kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan sesama. Anak pun akan menjadi lebih percaya diri.

Manfaat bermain di tempat umum lainnya adalah memberikan kepada anak lebih banyak pengalaman seru. Jika hanya di dalam rumah, hal-hal yang dapat dilihat dan dirasakan anak tentu lebih terbatas. Apalagi jika tempat bermain tersebut dekat dengan alam, seperti taman, anak dapat mengesplorasi sekitarnya dengan lebih maksimal.

Menjaga Anak Bermain di Tempat Umum

Karena alasan keamanan, anak yang bermain di tempat umum harus selalu berada di bawah pantauan orang tua. Ada setidaknya dua faktor risiko yang mengintai anak ketika berada di tempat umum. Pertama, anak bisa cedera karena menggunakan wahana bermain tanpa panduan yang benar. Kedua, anak dapat dibahayakan oleh orang asing yang berniat tidak baik.

Oleh karena itu, orang tua harus menjaga anak bermain di tempat umum. Hal ini dilakukan untuk membuat anak tetap aman dan terlindungi selama menjalankan aktivitas bermain. Selain itu, menemani anak bermain juga akan semakin mempererat relasi antara anak dan orang tua.

Tips Menjaga Anak Bermain di Tempat Umum

Memiliki kesempatan untuk bermain bersama anak adalah hal yang sangat berharga. Apalagi jika orang tua dapat mengajak anak untuk berkunjung ke wahana bermain di luar rumah. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan supaya kesempatan ini tidak sia-sia.

1. Hindari Gawai

Karena alasan pekerjaan, orang tua kerap lengket dengan gawai mereka. Hal ini dapat menyebabkan perasaan terasing pada diri anak. Pada kesempatan bermain di luar, sebaiknya kurangi atau hindari penggunaan gawai. Sediakan waktu 1-2 jam untuk sepenuhnya memperhatikan anak.

2. Pilih Tempat yang Aman

Sebelum mengajak anak, sebaiknya orang tua perlu mensurvei terlebih dahulu tempat bermain yang aman bagi anak. Hal ini terkait kualitas wahana bermain yang digunakan serta keamanan lingkungan sekitarnya. Cari juga rekomendasi dari orang lain sehingga Anda dan anak dapat menikmati kesempatan tersebut dengan lebih baik.

3. Memberi Tahu Aturan Bermain di Tempat Umum

Hal lain yang perlu diperhatikan orang tua adalah mengingatkan anak untuk mengikuti aturan bermain di tempat umum, baik aturan tertulis maupun tidak tertulis. Salah satu aturan yang tertulis misalnya “Jangan membuang sampah sembarangan”. Aturan lain yang biasanya tidak tertulis, tetapi harus dilakukan, adalah tidak memukul atau membahayakan anak-anak lain yang sedang bermain. Sampaikan hal ini kepada anak sebelum bermain.

Baca juga: Perlukah Mendampingi Anak Bermain di Rumah Teman?.