27 Oktober 2018 19:28:30

5 Cara Memperingati Sumpah Pemuda di Sekolah

Tiap tahunnya, pada tanggal 28 Oktober kita memperingati hari Sumpah Pemuda.

Tiap tahunnya, pada tanggal 28 Oktober kita memperingati hari Sumpah Pemuda. Sembilan puluh tahun berlalu semenjak digelarnya Kongres Pemuda yang telah melahirkan sebuah ikrar kebangsaan, Sumpah Pemuda. Dalam sejarah perjuangan bangsa, Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang penting dan menjadi bagian tak terpisahkan dari lika-liku perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Berikut adalah 5 kegiatan yang bisa dilakukan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda.  

1. Melakukan Upacara Bendera

Upacara bendera adalah seremoni yang tidak lepas dari berbagai peringatan yang dilakukan di Indonesia. Esensi dari upacara adalah salah satu cara membentuk karakter nasionalis. Sesuai dengan bunyi Sumpah Pemuda, maka rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, serta semangat bela negara dipercaya dapat dikembangkan melalui kegiatan seremonial ini. 

2. Mengadakan Lomba Membaca Ikrar Sumpah Pemuda

Ikrar Sumpah Pemuda memiliki makna yang mendalam, dan mengandung semangat yang kuat dan menggebu. Melakukan pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda dapat dilakukan untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Tidak hanya bisa dibacakan ketika upacara saja, namun pembacaan ikrar Sumpah Pemuda juga dapat dilakukan dalam kegiatan lomba secara berkelompok.

3. Membuat Pertunjukan Drama Bertema Sumpah Pemuda

Pembelajaran sejarah tidak hanya bisa dilakukan dengan membaca, namun juga bisa memanfaatkan penilaian praktik. Salah satunya dengan membuat praktik pertunjukan sederhana mengenai gambaran berjalannya kongres pemuda, seperti suasana rapat, tokoh-tokoh yang terlibat, dan ikrar Sumpah Pemuda sebagai penutupnya.

4. Tur Studi Mengunjungi Museum Sumpah Pemuda

Tur Studi ke museum sejarah adalah salah satu cara melihat bukti sejarah. Di museum ini, peserta didik bisa merasakan suasana Kongres Pemuda II lebih dekat. Museum Sumpah Pemuda terletak di Jalan Kramat Raya No. 106 Jakarta Pusat. Gedung Indonesische Clubgebouw tersebut menyimpan beragam koleksi, mulai dari foto kegiatan, bendera organisasi, diorama, patung tokoh pemuda, dan masih banyak lagi.

5.  Menonton Film Bertema Sumpah Pemuda

Pembelajaran sejarah tidak harus didapatkan dari buku. Film dapat menjadi media belajar alternatif yang menarik minat peserta didik. Salah satu film bertema Sumpah Pemuda yang bisa kita nikmati adalah Wage. Film tersebut mengisahkan hidup dan perjuangan Wage Rudolf Supratman, salah satunya ketika beliau mengumandangkan lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya pada momentum Sumpah Pemuda.