25 Oktober 2018 11:20:44

Langkah-Langkah Belajar dengan Buku Tematik

Buku tematik adalah buku ajar yang digunakan dalam Kurikulum 2013.

Buku tematik adalah buku ajar yang digunakan dalam Kurikulum 2013. Buku ini dirancang khusus untuk mendukung metode pembelajaran tematik di sekolah. Pada buku tematik, semua mata pelajaran diintegrasikan dalam satu tema. Untuk kelas 1 SD, misalnya, ada tema Diriku, Kegiatanku, Pengalamanku, dan sebagainya.

Kesulitan Belajar dengan Buku Tematik

Kurikulum yang mulai dilaksanakan pada 2013 ini terus mengalami pengembangan. Meskipun dianggap cukup rumit, pelaksanaannya sudah dilakukan di sekolah-sekolah. Bukan hanya para guru yang berperan membantu anak mempelajari buku tematik, tetapi juga orang tua di rumah.

Kendala yang kerap terjadi adalah orang tua kurang dapat berpartisipasi membantu anak belajar menggunakan buku tematik. Ada beberapa alasannya, antara lain tidak akrab dengan metode pembelajaran yang menggunakan kurikulum baru, kurang paham maksud yang ingin dicapai dengan penggunaan buku tematik, atau materi ajar yang terlihat campur aduk.

Kesulitan belajar dengan buku tematik yang dihadapi orang tua tersebut perlu diatasi. Pasalnya, peran orang tua dalam membantu anak untuk belajar sangatlah penting. Jika tidak ada sinergi yang baik antara pendidikan di sekolah dan di rumah, pembelajaran anak menjadi kurang optimal.

Cara Belajar dengan Buku Tematik

Untuk membantu anak belajar menggunakan buku tematik, orang tua perlu mengenali dan memahaminya terlebih dahulu. Setelah paham maksud yang ingin dicapai dari pembelajaran tersebut, proses belajar akan menjadi lebih efektif. Ada beberapa cara belajar dengan buku tematik yang bisa dilakukan oleh orang tua, yakni sebagai berikut.

1. Kenali Tema

Dengan mengenali tema dan subtema yang dipelajari anak, orang tua akan lebih mudah memahami hal-hal yang perlu diajarkan. Subtema Aku dan Teman Baru, misalnya, adalah pelajaran tentang bagaimana beradaptasi dengan lingkungan baru, berkomunikasi dengan orang lain, dan belajar mengingat nama serta ciri teman baru.

2. Ketahui Tujuan

Hal yang perlu Anda ketahui adalah tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Sebagai contoh, Anda bisa meminta anak untuk menyebutkan nama-nama teman barunya di sekolah. Ajaklah anak juga bercerita tentang teman-teman barunya tersebut. Bagi orang tua, tersedia lembar kegiatan bersama orang tua dalam buku tematik. Orang tua dapat berpatokan dari bagian ini ketika belajar bersama anak di rumah.

3. Optimalkan Bagian Aku Bisa

Pada setiap akhir subtema ada bagian Sekarang Aku Bisa. Bagian ini berisi tentang pencapaian anak setelah satu subtema dipelajari. Orang tua juga dapat melihat bagian ini untuk menentukan apa hal yang harus dipelajari di rumah.