29 April 2017 08:12:00

Laba-Laba yang Cerdik

Laba-Laba yang Cerdik

Seorang laki-laki mengambil sebatang tongkat dan menancapkannya di kolam. Ia lalu mengambil seekor laba-laba dan meletakkannya di ujung tongkat. Dengan cermat, ia memperhatikan laba-laba itu. Ia ingin tahu bagaimana cara laba-laba dapat menyelamatkan diri.

Laba-laba itu turun dari ujung tongkat. Sesampainya di bawah, ia terkejut melihat ujung tongkat tertancap di dalam air. Ia tidak berani melompat. Karena laba-laba takut air.

Laba-laba itu kemudian berputar mengelilingi tongkat, berharap akan menemukan jalan. Tetapi usahanya sia-sia. Ia pun kembali ke atas tongkat. Di sana ia diam sejenak tak bergerak. Seolah-olah ia sedang berpikir, mencari siasat agar terbebas dari tempat itu.

Akhirnya, laba-laba mengeluarkan benang panjang dari perutnya. Salah satu ujung benang dilekatkan pada tongkat dan ujung lainnya ia biarkan terbang di udara. Laba-laba itu menanti apa yang akan terjadi dengan benangnya.

Ternyata, ujung benang itu menempel pada pohon kecil yang terdapat di tepi kolam. Dengan tenang, laba-laba itu menyeberangi jembatan benang yang telah dibuatnya. Ia pun sampai di daratan dengan selamat.

Menyaksikan peristiwa itu, laki-laki tersebut merasa takjub. Dalam hatinya, ia yakin bahwa Tuhan menciptakan makhluk dilengkapi dengan kemampuan untuk mengurus dirinya sendiri. Bahkan seekor hewan kecil seperti laba-laba sekalipun.