24 Oktober 2018 09:09:59

Tips Mendampingi Anak Belajar Membaca di Rumah

Membaca merupakan hal penting yang harus diajarkan kepada anak sejak dini.

Membaca merupakan hal penting yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Supaya dapat membaca dengan lancar, anak perlu banyak belajar dan berlatih. Bukan hanya di sekolah, tetapi juga di rumah. Dalam hal ini, orang tua berperan penting untuk mendampingi anak belajar membaca di rumah. Dengan mendampingi anak belajar membaca, proses belajar anak akan menjadi lebih efektif. Hasilnya juga akan lebih optimal.

Kesulitan Mendampingi Anak Belajar Membaca

Untuk mendampingi anak belajar membaca, orang tua perlu menyediakan waktu dan perhatian. Hal ini kerap menjadi salah satu kesulitan yang harus dihadapi oleh orang tua. Untuk mengatasinya, orang tua perlu meninjau kembali manajemen waktunya. Mendampingi anak untuk belajar adalah salah satu hal penting yang perlu diprioritaskan.

Kesulitan mendampingi anak belajar membaca selanjutnya adalah kurang kreatif menyajikan materi belajar kepada anak. Ini menyebabkan anak malas untuk belajar. Supaya tidak bosan, gunakan teknik mengajar yang menarik. Jadi, pelajaran membaca akan menjadi lebih menyenangkan.

Tips Mendampingi Anak Belajar Membaca

Ada beberapa tips mendampingi anak belajar membaca yang bisa dilakukan orang tua, yakni sebagai berikut.

1. Membangun Budaya Membaca di Rumah

Salah satu kebiasaan baik yang harus dibangun sejak kecil adalah membaca. Meskipun anak belum bisa membaca sendiri, ia tetap bisa diajak untuk menikmati bacaan tertentu. Dalam hal ini, orang tua yang berperan untuk membantu anak dengan membacakan buku-buku menarik. Pilihlah buku yang penuh warna dan memiliki ilustrasi yang menarik perhatian.

2. Menghafalkan Huruf dengan Cara Kreatif

Masalah yang kerap dihadapi anak ketika belajar membaca adalah belum menghafal huruf sepenuhnya. Ini membuatnya kesulitan merangkai kata-kata yang dibaca. Jadi, cobalah terlebih dahulu untuk mengajak anak mengenali huruf-huruf dengan cara kreatif. Anda bisa menggunakan sejumlah alat peraga, menempelkan huruf tersebut di tempat-tempat tertentu, dan sebagainya.

3. Belajar pada Setiap Kesempatan

Belajar membaca sebenarnya tidak harus berlangsung formal. Pada setiap kesempatan, anak dapat diajak untuk belajar membaca. Ketika melihat kata-kata tertentu di bungkus makanan, misalnya. Atau, ketika melihat papan reklame di pinggir jalan, Anda dapat memancing anak untuk mencoba mengeja kata-kata yang tertera di sana. Dengan cara yang tidak monoton seperti ini, anak tidak akan merasa bosan untuk belajar membaca.

4. Manfaatkan Benda-Benda di Sekitar

Anda juga bisa membeli atau menyediakan benda-benda yang didesain dengan huruf atau kata, misalnya karpet, tempat minum, hiasan dinding, dan sebagainya. Hal ini untuk mendorong anak semakin tertarik membaca.

5. Sabar dan Beri Apresiasi

Orang tua harus memiliki kesabaran yang ekstra. Kemampuan anak untuk mempelajari sesuatu berbeda-beda. Jadi, hindari membandingkan dengan anak yang lain. Namun, jika akhirnya berhasil membaca, orang tua tentu perlu memberikan apresiasi.

Baca juga: Serunya Mendampingi Anak Belajar Matematika di Rumah.