22 Oktober 2018 09:05:15

5 Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Mendampingi anak belajar di rumah dapat membantu anak memahami materi pelajaran sekolah.

Anak bukan hanya dapat belajar di sekolah, tetapi juga di rumah. Didampingi oleh orang tua, anak bisa kembali mengulangi pelajaran yang diterimanya di sekolah. Namun, terkadang orang tua mengalami kesulitan mendampingi anak belajar di rumah. Ada banyak faktor penyebabnya, mulai karena tidak terbiasa, kurang paham materi pelajaran, terlalu sibuk, dan sebagainya. Supaya waktu belajar anak di rumah lebih efektif, ada beberapa tips mendampingi anak belajar yang dapat dilakukan orang tua. Berikut di antaranya.

1. Sabar Mengajari Anak

Kegiatan belajar didasari dari ketidaktahuan. Oleh karena itu, wajar jika selama dalam proses ini, anak terlihat kurang menguasai apa yang dipelajari. Orang tua harus memiliki kesabaran untuk memberitahu hal-hal penting serta menunjukkan tips yang memudahkan anak memahami materi pelajaran tersebut.

Memarahi anak karena tidak tahu atau terlambat belajar hanya akan membuatnya trauma. Proses belajar menjadi tidak lagi menyenangkan, tetapi menakutkan. Inilah salah satu alasan seorang anak menjadi malas atau enggan belajar.

2. Berikan Apresiasi

Memberikan apresiasi kepada anak dapat berdampak positif bagi perkembangan belajar anak. Apresiasi tersebut dapat berbentuk reward atau hadiah. Reward bisa diberikan ketika anak berhasil melewati satu tahap pembelajaran. Atau, ada pencapaian lain yang dilakukan oleh anak.

Jika sama sekali tidak ada apresiasi dari orang tua, wajar jika anak akan mulai malas mencapai sesuatu. Pasalnya, kerja kerasnya tidak dihargai. Inilah yang menyebabkannya untuk belajar secara biasa saja. Hasilnya, prestasi belajar anak pun tergolong standar.

3. Menjadi Teman Belajar yang Menyenangkan

Untuk dekat dengan dunia anak, orang tua harus menjadi teman bagi anak. Caranya sederhana, lakukanlah hal-hal yang biasa dilakukan oleh seorang teman. Jangan terlalu kaku, tetapi  bercandalah sesekali. Nikmatilah proses belajar tersebut bersama anak karena pasti akan lebih menyenangkan.

4. Gunakan Contoh Konkret dan Alat Peraga

Salah satu tips lain untuk mendampingi anak ketika belajar adalah selalu membuat contoh-contoh konkret. Sebagai contoh, ketika mempelajari matematika, orang tua sebaiknya menggunakan hal-hal yang ada di sekitar anak. Ajaklah anak untuk memperagakan hal yang dipelajari sehingga ia lebih mudah memahami materi pelajaran tersebut.

Akan lebih baik lagi jika orang tua kreatif menciptakan alat-alat peraga yang menarik. Gunakan warna-warna cerah untuk menarik perhatian anak. Dengan kehadiran alat-alat ini, proses belajar akan menjadi seperti sedang bermain.

5. Tambah Pengetahuan

Salah satu kesulitan mendampingi anak belajar yang dihadapi oleh orang tua adalah tidak menguasai materi pelajaran. Untuk mengatasi itu, orang tua perlu menimba ilmu lebih dalam. Caranya adalah dengan membaca banyak buku, baik buku pengetahuan maupun tips mendampingi anak. Pelajari juga karakter anak dan bagaimana melakukan pendekatan yang paling tepat.

Selain itu, tidak ada salahnya jika orang tua rajin mengikuti seminar-seminar khusus untuk mendampingi anak belajar. Dengan demikian, kemampuan orang tua akan semakin terasah dan dapat mendukung anak mencapai prestasi terbaiknya.

Baca juga: Tips Mengatur Jadwal Belajar Anak yang Ideal.