10 Oktober 2018 08:30:52

Seru, Ini 5 Rekomendasi Film untuk Anak-Anak

Rekomendasi film yang disajikan untuk anak-anak yang mengandung nilai moral kebaikan.

Industri film anak di Indonesia mulai menggeliat sejak munculnya Petualangan Sherina. Film musikal yang dibintangi oleh artis cilik Sherina ini sangat mengena dan berkesan di hati banyak orang, terutama anak-anak pada zaman tersebut. Film Petualangan Sherina tepat ditonton oleh anak karena mengajarkan nilai-nilai yang positif dan membangun.

Di tengah ramainya produksi film Indonesia untuk konsumsi dewasa, ada pula beberapa film yang menghadirkan nuansa berbeda. Film-film ini sengaja dipersembahkan untuk anak-anak. Kualitasnya pun tak kalah baik sehingga layak untuk ditonton. Berikut 5 rekomendasi film untuk anak tersebut.

1. Petualangan Sherina

Petualangan Sherina adalah film musikal yang sangat menyenangkan untuk ditonton. Dalam sebagian besar adegan, kita dapat melihat aksi Sherina berakting sambil bernyanyi dengan merdu. Tak heran, film yang disutradarai Riri Riza ini sempat booming di dunia perfilman Tanah Air. Film ini bercerita tentang Sherina yang baru saja pindah ke Bandung Utara mengikuti ayahnya. Ia pun harus beradaptasi dengan lingkungan barunya. Bukan hanya menghibur, film ini juga mendebarkan karena ada kisah penculikan yang menegangkan.

2. Garuda di Dadaku

Garuda di Dadaku adalah sebuah film besutan Ifa Isfansyah yang dirilis pada 2009 lalu. Film ini bercerita tentang Bayu yang bercita-cita menjadi seorang pemain sepak bola. Cita-cita itulah yang mendorongnya untuk berlatih dengan tekun di mana pun ia berada. Untungnya, Bayu memiliki seorang sahabat, yaitu Heri yang selalu memotivasi Bayu masuk ke tim sepakbola U-12. Sayangnya, kakek Bayu sangat menentang cita-cita Bayu karena merasa bahwa profesi sebagai pemain sepak bola identik dengan hidup miskin dan tanpa masa depan. Melewati hambatan-hambatan tersebut, Bayu akhirnya dapat mewujudkan mimpinya. Film ini penting bagi orang tua dan anak supaya dapat mengenali bakat anak dengan baik.

3. Untuk Rena

Film anak-anak lain yang direkomendasikan adalah Untuk Rena. Tokoh utamanya adalah Maudy Ayunda. Film ini bercerita tentang kehidupan Rena yang penuh damai dan tawa di sebuah panti asuhan. Suatu hari, ada seseorang yang datang ke panti asuhan tersebut dengan sikap mencurigakan. Rena pun bersikap sangat protektif terhadap adik-adiknya. Setelah bergaul beberapa lama, tamu misterius tersebut ternyata memiliki niat baik untuk dekat dengan anak-anak di panti asuhan tersebut.

4. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi berasal dari novel karya Andrea Hirata yang difilmkan. Film ini berkisah tentang sekumpulan anak-anak yang tinggal di daerah Belitung. Mereka menamakan diri Laskar Pelangi. Kehidupan mereka serba terbatas, tetapi itu tidak menyebabkan mereka untuk menyerah. Film ini juga bercerita tentang kisah para guru sekolah yang hidup bersahaja. Sarat makna pendidikan, film ini sangat cocok ditonton oleh anak-anak.

5. Kulari ke Pantai

Film Kulari ke Pantai merupakan film yang baru saja ditayangkan pada akhir Juni 2018. Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini bercerita tentang kisah Uci (Marsha Timoty) dan Sam (Maisha Kanna) yang ingin berlibur ke Banyuwangi melewati perjalanan darat. Tujuan utamanya adalah untuk bertemu peselancar idola Sam. Bersama mereka, ikut juga sepupu Sam, Happy (Li’Li Latisha). Film ini sarat pesan moral, khususnya bagaimana menghargai orang lain serta tidak mudah menilai sesuatu. Riri Riza juga menyampaikan dengan baik bahwa sebuah perjalanan dapat menjadi momen yang sangat istimewa.

Baca juga: Serunya Mendidik Anak Melalui Film.