09 Oktober 2018 09:21:02

Serunya Mendidik Anak Melalui Film

Salah satu manfaat menonton film adalah sebagai sarana pengembangan budi pekerti.

Apakah Anda suka menonton film? Ternyata, ada beragam manfaat menonton film. Salah satunya, sebagai hiburan di kala jenuh. Film bergenre komedi, misalnya, dapat membuat suasana hati menjadi lebih riang. Film bergenre action akan memberikan efek menegangkan. Menonton film akan lebih mengasyikan apabila ditonton bersama dengan keluarga. Berikut beberapa manfaat menonton film yang perlu Anda ketahui.

1. Memiliki Kesempatan Menemani Anak

Mengajak anak untuk menonton film bersama adalah salah satu cara untuk menghabiskan waktu yang berkualitas. Jika biasanya orang tua sibuk dengan pekerjaan sehari-hari, kali ini anak akan mendapatkan perhatian penuh. Pentingnya waktu bersama keluarga perlu disadari oleh orang tua. Bagi anak, ditemani menonton adalah suatu kesempatan berharga yang mungkin sangat berarti.

2. Film sebagai Sarana Pengembangan Budi Pekerti

Potensi film sebagai media yang dapat menyampaikan pesan-pesan tersirat secara efektif mampu memengaruhi perilaku seseorang. Selain itu, adanya nilai-nilai baik yang disampaikan pada sebuah film dapat menunjang sikap budi pekerti seseorang. Ada banyak film anak-anak yang dikemas dengan baik sehingga maknanya mudah dipahami. Peran orang tua dalam hal ini yaitu membantu anak untuk memahami tujuan film tersebut, termasuk nilai-nilai yang ingin disampaikan. 

3. Kesempatan untuk Belajar

Menonton film juga bisa menjadi kesempatan untuk belajar bagi anak. Salah satunya, belajar bahasa yang berbeda. Melalui film, anak juga bisa menambah kosa kata, baik bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Bukan hanya bahasa, anak juga dapat belajar berpikir kritis. Film merupakan serangkaian cerita dengan sejumlah adegan yang berhubungan satu sama lain. Dengan menonton film, anak dapat belajar menghubungkan sebab dan akibat. Pelajaran semacam ini juga penting bagi anak.

4. Mengenali Warna atau Benda

Melalui film, anak akan belajar mengenali berbagai benda atau, termasuk benda-benda yang jarang dijumpai dalam keseharian. Dalam hal ini, peran orang tua sangat penting dalam menjelaskan nama, fungsi, serta sifat benda tersebut. Jadi, dengan menonton film, pengetahuan anak akan lebih luas.

5. Sebagai Inspirasi Anak

Manfaat lain yang kadang tak disadari saat menonton film adalah sanggup memberikan inspirasi kepada para penontonnya.  Melalui film, anak pun dapat terinspirasi untuk meraih cita-citanya, melakukan sesuatu, atau mencapai prestasi tertentu.

Setelah mengetahui manfaatnya, orang tua juga perlu tahu cara memilih film yang tepat bagi anak. Salah satu tips memilih film sesuai usia anak adalah dengan memperhatikan rating film. Biasanya, rating film terletak pada poster film yang berbentuk kode atau huruf. Khusus anak-anak, orang tua dapat mencari film dengan rating “SU” yang artinya film bisa dilihat untuk semua umur atau dengan rating “A” yang artinya untuk anak-anak. Jangan sekali-kali membiarkan anak menonton sendiri, karena anak masih mudah terpengaruh. Jika ada hal-hal negatif yang terselip di dalam film, dampaknya akan buruk bagi perkembangan psikologisnya pada masa mendatang.