08 Oktober 2018 08:55:39

Peran Guru SBdP SD dalam Mengembangkan Potensi Siswa di Bidang Seni

SBdP adalah mata pelajaran yang mencakup materi kesenian, kebudayaan, dan keterampilan.

SBdP atau Seni Budaya dan Prakarya merupakan salah satu mata pelajaran siswa Sekolah Dasar (SD) yang mempelajari tentang kesenian, kebudayaan, dan keterampilan seperti, seni musik, seni lukis, seni tari, dan sebagainya. Tujuan adanya materi SBdP adalah agar siswa dapat menumbuhkan kecintaan terhadap seni budaya Indonesia. Rasa kecintaan ini dapat menimbulkan minat, kreativitas, dan apresiasi siswa terhadap seni dan budaya bangsa.

Mengembangkan Potensi Siswa di Bidang Seni 

Mata pelajaran SBdP merupakan sarana untuk mengembangkan potensi siswa di bidang seni. Adanya mata pelajaran tersebut, dapat menumbuhkan semangat siswa untuk berkarya serta mengekspresikan minat dan bakat mereka. Potensi yang dimiliki setiap siswa berbeda-beda, terutama dalam kegiatan belajar. Ada yang aktif bergerak, ada yang senang berbicara, ada juga yang memiliki potensi dalam hal visual spasial.

Peran guru SBdP SD dalam mengembangkan potensi siswa melalui seni sangat penting dan berdampak pada potensi anak. Dengan berbagai aktivitas sederhana, guru dapat mengenalkan makna seni yang paling mendasar sejak dini kepada siswa. Selanjutnya, guru dapat mengetahui potensi siswa di bidang seni dan membantu untuk mengembangkannya.

Mengembangkan Kecerdasan Musikal

Salah satu materi pelajaran SBdP adalah seni musik. Melalui materi pelajaran ini, para siswa dapat mempelajari berbagai hal seputar musik, mulai dari nada hingga lirik. Praktik untuk siswa SD sangat sederhana, misalnya dengan mengenali bunyi-bunyi benda. Siswa diajar untuk membedakan bunyi nyaring atau lembut, mengenali nada tinggi dan rendah, serta bisa merasakan harmoni dalam sebuah rangkaian notasi.

Kecerdasan musikal ini perlu diasah sejak dini. Siswa yang telah memiliki kecerdasan musikal akan lebih menikmati kegiatan belajar musik dan dapat mengapresiasi musik dengan sangat baik. Sementara itu, siswa yang lain dapat belajar untuk mengenal seni musik dan menikmatinya. Tugas guru untuk mengembangkan kecerdasan musikal tersebut dapat dilakukan dengan mengarahkan, memberikan fasilitas, serta memberikan kesempatan untuk belajar lebih mendalam.

Memacu Siswa Berprestasi

Saat ini, masih banyak pihak yang memandang prestasi nonakademis dari sebelah mata. Seolah prestasi hanyalah hal-hal yang bersifat akademis. Padahal, nilai akademis merupakan sebagian dari potensi yang dimiliki seorang siswa. Di sisi lain, prestasi nonakademis juga tak kalah baik untuk diapresiasi.

Adanya mata pelajaran SBdP di Sekolah Dasar (SD), bakat-bakat siswa yang bersifat nonakademis seperti di bidang seni, budaya, maupun keterampilan dapat digali lebih baik lagi. Guru dapat memacu siswa berprestasi dalam kegiatan seni musik dengan menyampaikan berbagai informasi kompetisi yang dapat diikuti. Dalam hal ini, peran guru SBdP menjadi sangat vital. Jika guru dapat mendorong dan memacu siswa untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya, maka tidak menutup kemungkinan untuk melahirkan anak-anak berprestasi di Indonesia.

Baca juga: Ini Peran Guru PJOK yang Tidak Boleh Disepelekan.