06 Oktober 2018 09:46:35

Ini Peran Guru PJOK SD yang Tidak Boleh Disepelekan

Peran guru PJOK SD tidak hanya membagikan materi yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diampu.

PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa di berbagai tingkat pendidikan, termasuk Sekolah Dasar (SD). Tugas guru PJOK bukan hanya membagikan materi yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diampu, tetapi juga memperkenalkan siswa pada teknik-teknik olahraga. Selain itu, ada beberapa peran guru PJOK SD yang sangat penting bagi siswa, di antaranya sebagai berikut.

1. Mengembangkan Potensi Siswa

Peran guru PJOK SD dalam mengembangkan potensi siswa sangat penting dan perlu disadari. Potensi yang dimaksud bukan hanya dalam hal akademik, tetapi juga bakat di bidang olahraga. Seperti diketahui, setiap orang memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Potensi seperti ini tidak kalah penting dari prestasi yang didapatkan dari kemampuan akademik. Dengan memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri di bidang olahraga di sekolah, siswa didorong untuk menggali potensinya dengan optimal.

2. Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan untuk mengolah gerak tubuh dengan baik. Jika anak memiliki kecerdasan ini, ia akan sangat mudah untuk melakukan berbagai atraksi atau aktivitas fisik lainnya. Guru PJOK sangat berperan dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa. Sebabnya, kegiatan yang dilakukan pada mata pelajaran PJOK adalah aktivitas luar ruangan yang memungkinkan anak menggerakkan tubuh secara aktif.

3. Memacu Siswa Berprestasi di Bidang Olahraga

Guru PJOK juga dapat memacu siswa berprestasi dalam kegiatan olahraga. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikutsertakan para siswa berbakat di berbagai kejuaraan yang diadakan. Bukan hanya di luar, sekolah juga dapat mendukung bakat siswa di bidang olahraga dengan mengadakan kompetisi olahraga. Dalam hal ini, guru PJOK tentu memiliki peran yang sangat penting. Bukan hanya memperkenalkan siswa pada berbagai jenis olahraga, tetapi juga membimbing supaya siswa dapat mencapai prestasinya.

4. Mengembangkan Semangat Sportivitas

Bukan hanya memperhatikan para siswa yang berbakat di bidang olahraga tertentu, guru PJOK SD juga memiliki peran dalam mengembangkan semangat sportivitas. Hal ini sangat perlu dikembangkan sejak dini dalam diri seseorang. Pribadi yang sportif akan mampu bersaing dengan baik, bukan hanya di lapangan olahraga, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Karakter sportif akan mendorong seseorang untuk menerima kegagalan dan menjadikan kegagalan sebagai motivasi untuk evaluasi diri. Dalam praktik kehidupan sehari-hari, pribadi yang sportif lebih jujur dan mau mengakui kesalahan.

Jadi, peran guru PJOK dalam hal ini tidak hanya sebatas memberikan materi pelajaran kepada siswa, tetapi juga membangun nilai-nilai penting dalam diri seorang anak. Jika nilai-nilai positif telah tertanam dari awal, seseorang akan tumbuh menjadi lebih baik.

Baca juga: Manfaat Ekstrakurikuler Olahraga untuk Anak dengan Tipe Kecerdasan Kinestetik.