04 Oktober 2018 09:08:48

Sekolah Khusus Olahraga Ragunan bagi Para Calon Atlet

SKO Ragunan merupakan sebuah lembaga pendidikan jenjang SMP dan SMA yang bertujuan sebagai wadah pembinaan lanjutan untuk calon olahragawan.

Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan merupakan sebuah lembaga pendidikan jenjang SMP dan SMA yang bertujuan sebagai wadah pembinaan lanjutan untuk calon olahragawan yang berprestasi. SKO Ragunan diresmikan pada 1977 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. SKO Ragunan berada di Jalan Harsono RM, Kompleks GOR Ragunan, Jakarta Selatan.

Pembangunan SKO Ragunan diprakarsai oleh Gubernur DKI Jakarta periode 1966-1977, Ali Sadikin. Beliau mendapatkan ide tersebut setelah melakukan kunjungan kerja ke Sport Centre di Meksiko. Beliau melihat adanya pemusatan belajar para atlet yang bertujuan agar mereka tetap mendapat pendidikan formal namun pada saat bersamaan bisa berprestasi di bidang olahraga.

Syarat Masuk SKO Ragunan

Profil SKO Ragunan ini memang cukup menarik perhatian bagi para calon siswa atlet, sehingga peminatnya pun cukup banyak. Siswa yang ingin bersekolah di SKO Ragunan harus bersaing ketat dengan ratusan pendaftar lainnya. Pasalnya, dari sekian banyak pendaftar, hanya 52 siswa yang diterima pada tahun ajaran 2018/2019. Untuk mendaftarkan diri di SKO Ragunan ini, pendaftar tidak dipungut bayaran apa pun. Keuntungan lainnya, para siswa dapat memperkuat daerah asal apabila ingin mengikuti kejuaraan.

Ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh calon siswa. Tahap pertama adalah melengkapi persyaratan masuk SKO Ragunan secara administratif. Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan calon siswa adalah fotokopi rapor utuh yang dilegalisir. Setiap siswa yang mendaftar harus memiliki nilai rapor 6,5 atau lebih. Pendaftar juga harus melampirkan fotokopi akta kelahiran, fotokopi kartu keluarga, fotokopi ijazah, surat keterangan sehat, fotokopi BPJS, serta menyertakan formulir pendaftaran. Syarat lainnya adalah merupakan warga negara Indonesia yang berkelakuan baik dan memiliki prestasi di bidang olahraga.

Cabang Olahraga SKO Ragunan

Cabang olahraga SKO Ragunan menerima calon siswa atlet dari 15 cabang olahraga, yaitu angkat besi, atletik, bola basket (putri), bola voli (putri), bulu tangkis, gulat (putra), loncat indah, panahan, pencak silat, renang, senam, sepak bola, taekwondo, tenis lapangan, dan tenis meja. Pada tahun ajaran 2018/2019, penyelenggara hanya membuka kesempatan untuk 12 cabang olahraga. Untuk cabang olahraga bulu tangkis, senam, dan tenis lapangan tidak menerima siswa baru karena hanya 12 cabang yang baru saja meluluskan siswa. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan persentase siswa yang ada di SKO Ragunan.

Selain tes umum yang dilaksanakan oleh sekolah, masing-masing cabang olahraga juga memiliki persyaratan khusus. Untuk renang, misalnya, pendaftar harus lahir pada 2003 atau setelahnya, kelas VI – IX dan minimal telah mengikuti kejuaraan tingkat nasional. Untuk calon atlet renang yang bersekolah di SKO Ragunan, tahun kelahiran antara 2003-2006, kelas VI-IX, dan minimal pernah mengikuti kejuaraan tingkat nasional. Untuk cabang olahraga lain memiliki persyaratan yang hampir sama.

Fasilitas di SKO Ragunan

Fasilitas SKO Ragunan cukup memadai. Para siswa akan disediakan asrama, konsumsi, serta bebas biaya pendidikan dan latihan. Siswa juga akan menjalani uji coba nasional dan internasional selama bersekolah. Ada pula jaminan kesehatan dan bantuan uang saku bulanan untuk para siswa. SMP khusus calon atlet ini tentu sangat menarik sebagai pilihan bagi para orangtua yang ingin mengorbitkan anaknya menjadi atlet. Dengan fasilitas dan kesempatan yang terbuka lebar, harapan untuk mendapatkan atlet muda berprestasi bisa kembali dipupuk.

Baca juga: Ingin Anak Jadi Atlet, Daftar Kelas Khusus Olahraga di SMP Negeri 1 Surakarta.