27 September 2018 09:03:44

Ingin Anak Jadi Atlet, Daftar Kelas Khusus Olahraga di SMP Negeri 1 Surakarta

Salah satu sekolah di Indonesia yang memiliki program kelas khusus olahraga adalah SMP Negeri 1 Surakarta.

Program kelas khusus olahraga adalah kelas yang dibuat untuk peserta didik yang memiliki potensi dalam bidang olahraga yang bertujuan sebagai wadah pembinaan atlet pelajar yang potensial untuk prestasi nasional maupun internasional. Selain itu, tujuan program kelas khusus olahraga yaitu untuk membina prestasi akademik atlet pelajar guna mendukung jaminan masa depan.

Salah satu sekolah di Indonesia yang memiliki program kelas khusus olahraga adalah SMP Negeri 1 Surakarta. Kelas yang diperuntukkan untuk para calon atlet ini mulai dibuka pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam hal ini, SMP Negeri 1 Surakarta ingin memberikan kesempatan kepada siswa dan siswinya yang berpotensi dalam bidang olahraga untuk menekuni olahraga sambil belajar.

Profil SMP Negeri 1 Surakarta

SMP Negeri 1 Surakarta berlokasi di Jl. MT. Haryono Nomor 4 Manahan, Banjarsari, Surakarta. Visi SMP Negeri 1 Surakarta adalah unggul dalam prestasi, berlandaskan IMTAQ, berbudaya, serta berwawasan lokal dan global. Salah satu misinya adalah menyelenggarakan pembelajaran serta bimbingan secara optimal dan efektif. Bukan hanya itu, sekolah negeri ini juga ingin mengondisikan atmosfer berkompetisi dengan positif dan berwawasan global.

Profil SMP Negeri 1 Surakarta ini selaras dengan penunjukkannya sebagai penyelenggara Kelas Khusus Olah Raga oleh Pemerintah Kota Solo. Ada 14 jenis cabang olahraga yang akan dibidik melalui program ini, yaitu judo, atletik, anggar, renang, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, bola voli, panahan, taekwondo, sepak bola, pencak silat, dan karate. Daya tampung kelas untuk 13 cabang olahraga SMP Negeri 1 Surakarta ini adalah 64 siswa.

Syarat Masuk Kelas Khusus Olahraga SMP Negeri 1 Surakarta

Penerimaan siswa untuk kelas khusus calon atlet di SMP Negeri 1 Surakarta dilakukan secara offline. Metode ini berbeda dengan penerimaan siswa baru reguler. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi supaya dapat mengikuti kelas ini, yakni sebagai berikut.

  1. Merupakan warga kota Surakarta.
  2. Nilai raport kelas 4, 5, dan 6, rata-rata minimal 6,5.
  3. Calon siswa merupakan lulusan SD/MI atau sederajat pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Ini berarti tanggal kelahiran calon siswa adalah 1 Januari 2003 atau setelahnya.
  4. Siswa yang diterima diutamakan memiliki prestasi di bidang olahraga sesuai cabang olahraga yang ditawarkan di Kelas Khusus Olahraga, baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional.
  5. Mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti biodata prestasi calon peserta didik, fotokopi STTB/Ijazah atau Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah (SKHUS), fotokopi akta kelahiran, pasfoto, dan surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang.

Selain harus lolos verifikasi persyaratan masuk Negeri 1 Surakarta secara administratif, calon siswa juga harus mengikuti beberapa tes lain, seperti tes fisik, tes kompetensi cabang olahraga, tes kesehatan, dan tes psikologi.

Fasilitas untuk Siswa Kelas Khusus Olahraga

Para pendaftar yang dinyatakan lolos tes di Kelas Khusus Olahraga SMP Negeri 1 Surakarta ini akan mendapatkan berbagai fasilitas dari Pemerintah Kota Surakarta, antara lain uang saku dan uang transportasi, seragam dan perlengkapan sekolah, perlengkapan latihan sesuai dengan cabang olahraga, konsumsi selama latihan, perawatan kesehatan, dan try in atau try out. Fasilitas Negeri 1 Surakarta ini juga dilengkapi dengan pembinaan dan latihan yang berlangsung pagi dan sore, dukungan logistik, dan uji tanding. Pembelajaran akademik dilangsungkan sesuai standar pendidikan formal. Selain itu, tutorial tambahan pembelajaran sesuai kebutuhan juga disediakan.