21 April 2017 11:12:24

Inspirasi Kartini dalam Pembentukan Karakter Guru

Inspirasi Kartini dalam Pembentukan Karakter Guru

Guru adalah sosok pejuang pendidikan yang menentukan kualitas dari generasi penerus bangsa. Pentingnya peran guru membuatnya disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Melalui tangan dingin seorang guru, bekal kehidupan pada setiap siswa dipersiapkan dengan mengajarkan cara membaca, menulis dan menghitung. Guru juga dinilai sebagai sosok inspiratif yang mampu memotivasi peserta didik menjadi generasi cerdas penerus bangsa di masa depan. Disinilah peran guru menjadi penting, dan pengembangan karakter guru dilihat sebagai hal yang mutlak.
Salah satu sosok guru yang merubah kultur pendidikan khususnya untuk wanita Indonesia adalah RA Kartini. Semangat Kartini masa kini tercermin pada setiap sosok guru yang memiliki kepribadian cemerlang. Dari seorang kartini, kita dapat memahami bahwa terdapat beberapa karakter yang dituntut untuk dimiliki oleh setiap guru. Setiap guru dituntut untuk memiliki sikap cerdas, tercermin dalam sikap ketika mengajar dan semangat untuk terus mengembangkan kemampuannya sesuai perkembangan zaman. Guru juga dituntut untuk mandiri dengan bekerja keras memaksimalkan kemampuan dalam mendidik siswanya tanpa bergantung pada orang lain. 
Kartini juga mengajarkan bahwa seorang guru harus memiliki rasa ikhlas dalam membantu sesama dan selalu berpegang pada nilai-nilai ketuhanan. Pribadi guru merupakan pribadi yang berdaya guna, tercermin dari kemampuan memberikan sumbangsih intelektual bagi dirinya, keluarga dan bangsanya. Bahkan guru juga harus memiliki rasa cinta kepada lingkungannya sehingga dapat tumbuh kepedulian untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman. 
Peran Kartini dalam memperjuangkan edukasi dan literasi menjadi inspirasi banyak guru saat ini. Karakternya yang kuat dan giat belajar perlu menjadi panutan semua guru di Indonesia. Hal ini menempatkan guru menjadi bagian yang penting dalam kehidupan bermasyarakat, diantaranya menjadi alasan lahirnya tokoh guru yang bersinar di dunia pendidikan. Dengan kepribadian cemerlang yang dimiliki setiap guru dalam bidang pendidikan diharapkan akan terus tumbuh semangat kartini muda dalam memajukan bangsa dalam bidang pendidikan dan literasi.