21 September 2018 08:19:48

Mengembangkan Silabus Kurikulum 2013 SD

Dalam silabus, Kompetensi Dasar dan Materi Pembelajaran dijabarkan berdasarkan mata pelajaran.

Secara umum, silabus dipahami sebagai kerangka unsur kursus pendidikan yang disajikan dalam aturan yang masuk akal atau memiliki tingkat kesulitan meningkat. Dalam KBBI, silabus juga dimaknai sebagai ikhtisar suatu pelajaran. Dalam dunia pendidikan, silabus merupakan rencana pembelajaran sebuah mata pelajaran atau tema tertentu. Silabus disusun secara sistematis dan memuat komponen-komponen pembelajaran, di antaranya standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, indikator, penilaian, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu, serta sumber atau alat belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Mengembangkan Silabus

Pengembangan silabus biasanya dilakukan oleh guru secara mandiri atau kelompok MGMP, PKG, dan Dinas Pendidikan. Langkah dalam pengembangan silabus dimulai dari mengkaji SK-KD atau KI/KD, kemudian mengidentifikasi materi atau pokok pembelajaran, lalu mengembangkan kegiatan pembelajaran. Dalam pengembangan silabus, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut.

  1. Silabus harus bersifat ilmiah, yakni seluruh materi dan kegiatan harus bisa dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
  2. Silabus harus relevan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, dan spiritual peserta didik.
  3. Silabus harus disusun secara sistematis, yaitu berhubungan secara fungsional untuk mencapai kompetensi yang dituju.
  4. Silabus harus bersifat konsisten, baik antara kompetensi dasar, materi pokok, pengalaman belajar, indikator, sumber belajar, maupun sistem penilaian.
  5. Silabus harus memadai, yang berarti memiliki cakupan indikator, pengalaman belajar, sumber belajar, materi pokok, serta sistem penilaian yang memadai.
  6. Silabus harus aktual dan kontekstual, yang berarti memperhatikan perkembangan teknologi, ilmu, dan seni yang terjadi.
  7. Silabus harus bersifat fleksibel, yang berarti dapat mengakomodasi siswa maupun pendidik yang beragam, serta dinamika perubahan yang terjadi.
  8. Silabus harus bersifat menyeluruh, yang artinya mencakup seluruh ranah kompetensi, baik yang bersifat kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Membuat Silabus Kurikulum 2013

Silabus Kurikulum 2013 disusun berdasarkan tema yang akan dipelajari dan dibagi dalam beberapa mata pelajaran. Penyusunan silabus Kurikulum 2013 SD maupun Kurikulum 2013 Revisi memungkinkan guru mengetahui apa saja bahan ajar sesuai mata pelajaran yang diampu. Dalam konsepnya, melalui kurikulum tematik, siswa dapat mempelajari berbagai mata pelajaran dalam satu tema besar. Dalam silabus, Kompetensi Dasar dan Materi Pembelajaran dijabarkan berdasarkan mata pelajaran. Hal ini akan memudahkan guru untuk mengelompokkan kegiatan pembelajaran. Untuk menyusun silabus, guru dapat mengikuti contoh silabus kurikulum 2013 SD Rumah Juara. Guru bisa download silabus Kurikulum 2013 SD secara gratis di website Rumah Juara. Dengan mengikuti panduan yang tersedia, tugas guru untuk menyiapkan rancangan pembelajaran akan semakin mudah.

Klik di sini untuk mendapatkan Silabus Kurikulum 2013 SD.