20 September 2018 09:13:39

Cara Menyusun RPP Kurikulum 2013 SD

RPP adalah salah satu komponen yang harus dipersiapkan guru dalam menjalankan kegiatan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 SD.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu komponen yang harus dipersiapkan guru dalam menjalankan kegiatan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 SD atau Kurikulum 2013 Revisi. RPP merupakan perencanaan yang dilakukan oleh guru sebelum mulai mengajar di ruang kelas.

Dengan membuat RPP, guru menjadi lebih siap dan tahu tujuan pembelajaran berdasarkan tema yang sedang dipelajari. Pelaksanaan pembelajaran pun menjadi lebih efektif dan berkualitas berdasarkan panduan RPP. Guru juga dapat dengan mudah melakukan penilaian atas hasil belajar siswa berdasarkan format yang telah dibuat sebelumnya. Penyusunan RPP merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas belajar.

Sebagian guru mungkin akan merasa kesulitan untuk menyusun RPP Kurikulum 2013 SD. Namun, dengan panduan yang tepat, hal ini dapat diatasi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat diterapkan ketika menyusun RPP.

1. Ketahui Poin Penting dalam RPP

Setidaknya, RPP harus memuat informasi mengenai tema, subtema, pembelajaran, dan alokasi waktu pembelajaran. Ada pula Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi berdasarkan mata pelajaran, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-Langkah Pembelajaran, Penilaian, dan Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar.

2. Fokus pada Tema dan Subtema

Untuk menyusun RPP, guru harus fokus pada tema dan subtema yang dipelajari saat itu. Hal-hal yang bersifat praktis seperti metode pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran harus disusun berdasarkan tema dan subtema yang dimaksudkan.

3. Menentukan Format Penilaian

Ada tiga jenis penilaian dalam Kurikulum 2013 yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Format penilaian ini pun tentu harus dibuat berdasarkan tema dan subtema. Sebagai contoh, untuk tema “Diriku” dan subtema “Aku Istimewa”, guru dapat menilai sikap siswa selama dalam masa pembelajaran.

Untuk menguji pengetahuan siswa, guru dapat melakukan tes lisan melafalkan kata. Untuk penilaian keterampilan, siswa diharapkan dapat berjalan lentur dan seimbang (PJOK), membuat gantungan kunci boneka dari kulit jagung (SBdP). Menentukan format penilaian sejak awal dalam RPP akan memudahkan guru untuk menentukan keberhasilan proses belajar siswa setelah melalui kegiatan pembelajaran.

4. Menyusun RPP dengan Detail

Semakin detail RPP yang disusun, semakin mudah bagi guru untuk mengajar. Dengan adanya panduan langkah-langkah pembelajaran, guru tidak perlu lagi mengalami kesulitan untuk menentukan aktivitas yang akan dilaksanakan selama proses belajar mengajar berlangsung.

Untuk mempermudah guru dalam menyusun RPP, guru dapat mengunjungi website Rumah Juara. Guru bisa download RPP Kurikulum 2013 SD secara gratis pada website Rumah Juara. RPP Kurikulum 2013 SD Rumah Juara dapat membantu guru untuk menyusun rencana pembelajaran menjadi lebih efektif dan berkualitas. Selain itu, website Rumah Juara juga dilengkapi dengan media interaktif dan bank soal yang berguna bagi guru maupun siswa.

Klik di sini untuk mengunduh RPP Kurikulum 2013 SD.