19 September 2018 09:17:21

Mengoptimalkan Buku Tematik Kurikulum 2013 untuk Guru dan Siswa SD

Kurikulum 2013 yang mengusung konsep tematik memungkinkan siswa memahami berbagai mata pelajaran dalam satu tema.

Dalam rangka mengimplementasikan Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengoordinasi penyusunan Buku Siswa untuk seluruh peserta didik di setiap jenjang pendidikan. Selain itu, ada pula yang disebut dengan Buku Guru. Keduanya dipergunakan secara beriringan dan saling melengkapi.

Buku Kurikulum 2013 SD ini disusun berdasarkan dinamika kebutuhan dan perkembangan zaman. Itulah sebabnya, buku ini bersifat sebagai dokumen hidup yang terus mengalami perbaikan dan pembaharuan. Dengan adanya Kurikulum 2013 Revisi, buku yang digunakan sebagai bahan ajar pun turut mengalami perubahan.

Keunggulan Pembelajaran Tematik

Kurikulum 2013 yang mengusung konsep tematik memungkinkan siswa memahami berbagai mata pelajaran dalam satu tema. Siswa diajak untuk terlebih dahulu berpikir secara konkret, setelah itu dilanjutkan dengan berpikir secara abstrak. Selain itu, siswa juga diajak untuk berpikir secara hierarkis atau bertahap, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Keunggulan lain adalah mendorong anak untuk berpikir secara integratif.

Sebagai contoh, salah satu tema yang ditetapkan untuk siswa SD kelas 1 adalah “Pengalamanku”. Pada tema ini, siswa diminta untuk bercerita tentang pengalaman masa kecil, pengalaman bersama teman, pengalaman di sekolah, dan pengalaman berkesan. Dalam pengaplikasiannya, guru dan siswa bukan hanya melaksanakan kegiatan bercerita saja, tetapi juga menulis, berhitung, bernyanyi, membuat prakarya, dan sebagainya. Metode seperti ini memungkinkan siswa untuk memahami tema tersebut dengan lebih mendalam dan mempelajari nilai-nilai positif di dalamnya.

Panduan Pembelajaran dalam Buku Guru

Selain Buku Siswa, guru memiliki Buku Guru yang memudahkannya untuk menerapkan tema tersebut berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Melalui buku ini, guru dapat mengetahui pemetaan Kompetensi Dasar pada berbagai mata pelajaran, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, PJOK, PPKn, dan SBdP. Guru juga memiliki panduan dalam mengajar berdasarkan kompetensi yang ingin dikembangkan, mulai dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sebagai praktik, ada susunan Kegiatan Pembelajaran yang akan dilaksanakan di ruang kelas. Buku Guru juga memuat tujuan pembelajaran, media atau alat bantu dan sumber belajar, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, serta metode penilaian. Panduan ini sudah cukup lengkap sehingga guru hanya perlu mengikuti langkah-langkah tersebut guna mencapai tujuan pembelajaran yang dimaksudkan.

Untuk mendapatkan BSE Kurikulum 2013 gratis, guru bisa mencari buku tematik Kurikulum 2013 di website Rumah Juara. Buku tematik Kurikulum 2013 Rumah Juara dilengkapi dengan media interaktif sehingga dapat membantu guru supaya proses belajar mengajar menjadi lebih mudah dan mengasyikan, sehingga tujuan pembelajaran sesuai kurikulum yang diterapkan dapat tercapai. Selain itu, dalam website Rumah Juara terdapat Bank Soal yang tentunya akan sangat mendukung guru maupun siswa dalam menjalankan kegiatan pembelajaran sehari-hari.

Klik di sini untuk mendapatkan BSE Tematik Kurikulum 2013 dan Bank Soal.