17 September 2018 15:17:40

Penguatan Karakter Nasionalis melalui Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Aturan yang menyebutkan bahwa lagu Indonesia Raya harus dinyanyikan secara lengkap dalam 3 stanza oleh peserta upacara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI secara resmi menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah. Aturan yang diterbitkan pada Juni 2018 tersebut memuat pasal yang menyebutkan bahwa lagu Indonesia Raya harus dinyanyikan secara lengkap dalam 3 stanza oleh peserta upacara. Sebenarnya, himbauan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza ini sudah ada sejak 2017 sebagai implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar dan menengah.

Pintu Masuk Tanamkan Nasionalisme

Selama ini, seringkali dipahami bahwa Lagu Indonesia Raya hanyalah lagu “wajib” pada acara-acara resmi atau upacara bendera. Akibatnya, kita hanya menghafalkan lagu tersebut tanpa mendalami makna dan isinya. Padahal, lagu yang  pertama kali diperdengarkan pada Kongres Pemuda II, 28 Oktober 1928, tersebut memiliki berbagai nilai yang dapat diserap dan diamalkan dalam kehidupan berbagsa dan bernegara.

Lagu Indonesia Raya 3 stanza diharapkan menjadi pintu masuk tumbuhnya kecintaan terhadap bangsa dan tanah air. Lagu Indonesia Raya mendukung penanaman karakter nasionalis, yaitu karakter cinta Tanah Air, bela negara, kebanggaan menjadi anak Indonesia, dan tanggung jawab mempertahankan persatuan Indonesia di masa mendatang.

Menumbuhkan nasionalisme sejak dini dengan praktik kenegaraan, seperti menyanyikan dan memahami makna lagu  Indonesia Raya, harus terus digaungkan. Oleh karena itu, selain menerbitkan peraturan menteri, Kemendikbud juga menerbitkan buku berjudul Bunyi Merdeka sebagai panduan untuk memahami pandangan hidup yang tertuang dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya versi 3 stanza. Kemendikbud juga melakukan perekaman ulang tutorial lagu Indonesia Raya. Untuk mengakses segala informasi terkait lagu Indonesia Raya, kita bisa membuka situs resminya di www.laguindonesiaraya.id.

Cara Menyajikan Lagu Indonesia Raya

Dalam pelaksanaannya, setiap sekolah boleh menerapkan kebiasaan masing-masing. Namun, yang harus diperhatikan bahwa setiap upacara bendera, lagu Indonesia Raya harus dinyanyikan secara lengkap 3 stanza. Para guru juga bisa membiasakan siswa untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari di kelas sebelum memulai kegiatan belajar mengajar.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza pada upacara bendera. Seluruh peserta upacara harus berdiri tegak di tempat masing-masing dan mengambil sikap hormat, yaitu dengan:

  1. meletakkan kepalan telapak tangan kanan pada dada sebelah kiri dengan ibu jari menempel di dada sebelah kiri atau mengangkat tangan sebatas kepala dengan ibu jari telunjuk menempel pada pelipis;
  2. meluruskan lengan kiri ke bawah;
  3. mengepalkan telapak tangan kiri dengan ibu jari menghadap ke depan merapat pada paha kiri; dan
  4. menghadapkan wajah pada Bendera.

Klik di sini untuk mengunduh Permendikbud 22 Tahun 2018.