17 September 2018 10:40:55

Metode GASING ala Yohanes Surya Membawa Anak Papua Berprestasi

Metode GASING adalah suatu cara belajar matematika secara gampang, asyik, dan menyenangkan.

Metode GASING adalah suatu cara belajar matematika secara gampang, asyik, dan menyenangkan yang dilakukan secara langkah demi langkah untuk memperoleh suatu capaian atau hasil. Pencetus metode matematika GASING, Prof. Yohanes Surya, Ph.D. mengatakan bahwa matematika dengan metode GASING sebenarnya sangat sederhana dan mudah. Hal tersebut beliau buktikan dengan melakukan pelatihan terhadap anak-anak yang kurang menguasai matematika di daerah Papua. Terbukti, enam bulan anak-anak tersebut dilatih mereka mampu menguasai matematika kelas 1 sampai 6 SD.

Keistimewaan Matematika GASING

Faktanya, dari beberapa anak Papua yang awalnya kurang menguasai matematika setelah dilatih dengan metode matematika GASING hasilnya luar biasa. Mengajarkan matematika kepada anak dengan menggunakan metode GASING merupakan hal yang efektif. Metode matematika GASING mampu meningkatkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spriritual. Mengerjakan soal matematika dengan metode GASING, akan membantu anak menjadi lebih cerdas, lebih mandiri, dan memiliki daya juang yang tinggi. Selain itu, metode GASING mengajarkan untuk menghitung dengan mencongak sehingga dapat meningkatkan psikomotorik dan menjadikan anak lebih kreatif.

Prestasi Matematika GASING

Prof. Yohanes Surya, Ph.D. percaya setiap anak dilahirkan dengan otak yang cerdas. Beliau membuktikan bahwa anak yang awalnya tidak bisa berhitung sama sekalipun bisa dilatih sehingga dapat berprestasi. Anak-anak Papua yang beliau latih terbukti mampu mendapatkan prestasi yang luar biasa. Salah satunya Olimpiade Sains dan Matematika TK-SD tingkat Asia (Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary School) pertama yang diadakan pada tanggal 14 sampai 17 November 2011 di Tangerang. Olimpiade tersebut diikuti oleh 12 anak Papua bimbingan Prof. Yohanes Surya, Ph.D.. Anak-anak Papua berhasil membawa pulang empat emas, lima perak, dan tiga perunggu. Selain itu, ada juga salah satu anak Papua bimbingannya yang masuk dalam Tim Robot Indonesia dan berhasil merebut medali emas dalam Perlombaan Robotik tingkat Nasional. Berikut nama anak-anak tersebut.


Baca juga: Cerdas Matematika dengan Metode GASING.