15 September 2018 10:20:26

Cerdas Matematika dengan Metode GASING

metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan). Metode GASING adalah metode pembelajaran yang dikembangkan oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D.

Matematika identik dengan rumus, mengitung, dan menalar. Dalam ujian nasional, matematika adalah salah satu mata pelajaran wajb yang diujikan. Akan tetapi, banyak siswa di sekolah baik SD, SMP maupun SMA menganggap matematika adalah pelajaran yang paling sulit sehingga mengakibatkan minat dan motivasi untuk belajar matematika menjadi sangat rendah dan dapat mempengaruhi nilainya. Kebanyakan siswa memiliki nilai matematika lebih rendah daripada mata pelajaran lainnya.

Guru sangat berperan penting untuk mengubah mindset anak mengenai “matematika itu sulit”. Dalam hal ini, diperlukan guru yang baik dengan metode mengajar yang baik. Guru yang baik harus dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi para siswa agar memiliki semangat dan motivasi untuk belajar matematika. Dengan metode mengajar yang baik, diharapkan dapat mengubah matematika dari yang membosankan menjadi menyenangkan dan dari yang sulit menjadi mudah.

Metode Matematika GASING

Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan). Metode GASING adalah metode pembelajaran yang dikembangkan oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D.. Dalam metode ini para siswa diminta untuk memahami konsep matematika terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal-soal matematika. Kunci pembelajaran dengan metode GASING adalah proses langkah demi langkah, yang disusun sedemikian rupa sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman konsep sebelumnya.

Dengan metode GASING anak-anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan menggunakan berbagai macam alat peraga. Alat peraga membantu siswa untuk dapat membayangkan konsep yang ingin disampaikan. Materi yang abstrak diawali dengan sesuatu yang konkret, sehingga anak akan lebih mudah  mengerti konsep yang diajarkan dan dapat mengaplikasikannya. Dengan pembelajaran seperti itu, minat belajar siswa terhadap matematika akan semakin tinggi tanpa perlu paksaan.

Keunggulan Metode Matematika GASING

Dengan pembelajaran metode GASING, anak dapat menyelesaikan seluruh materi matematika SD selama 6 tahun hanya dalam waktu 6 bulan. Salah satu hasil pengajaran dengan metode GASING anak-anak dapat melakukan perhitungan dengan cepat. Selain dapat menghitung cepat dengan metode GASING, siswa diajarkan menyelesaikan soal cerita dengan pendekatan logika dan eksplorasi, tanpa perlu menghafal rumus. Prof. Yohanes Surya, Ph.D. membuktikan bahwa metode ini sudah terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika di beberapa daerah di Papua. Jika metode GASING diterapkan di setiap sekolah, maka pelajaran matematika akan tampak lebih menyenangkan.