13 September 2018 09:26:03

Kiat agar Siswa Berhasil Melewati Penilaian Akhir Semester

Tryout merupakan salah satu tahap persiapan siswa sebelum menghadapi penilaian tengah semester maupun akhir semester.

Untuk menentukan apakah siswa bisa naik ke tingkat selanjutnya, dilakukan sebuah tes akhir, yaitu penilaian akhir semester. Penilaian akhir semester mencakup evaluasi terhadap seluruh tema pada Kompetensi Dasar (KD) yang telah disampaikan oleh guru di ruang kelas selama satu tahun. Jika tidak berhasil melewati ujian ini, berarti siswa harus mengulang kelas yang sama pada tahun berikutnya. Hal ini dilakukan supaya siswa dapat mendalami lagi materi yang belum sepenuhnya dikuasai. Namun, selain waktu menjadi terbuang, ada efek-efek psikologis yang akan dirasakan oleh siswa yang tinggal kelas.

Mengetahui Kriteria Kenaikan Kelas

Menurut panduan penilaian untuk SD, perihal naik atau tidaknya seorang siswa akan diputuskan dalam sebuah rapat dewan guru. Ada beberapa pertimbangan yang digunakan oleh dewan guru untuk memastikan kelayakan siswa untuk naik kelas. Pertimbangan ini merupakan keputusan bersama. Beberapa di antara pertimbangan ini adalah minimal kehadiran, ketaatan pada tata terbit, serta berbagai peraturan lainnya. Namun, yang tidak kalah penting adalah nilai tes siswa ketika ujian. Pentingnya nilai penilaian akhir semester adalah untuk mengetahui tingkat pemahamannya terhadap materi yang disampaikan. Dengan demikian, siswa dianggap layak untuk melanjutkan proses belajarnya di kelas yang lebih tinggi.

Siswa akan dinyatakan tidak dapat naik kelas apabila nilai paling sedikit tiga mata pelajaran pada kompetensi pengetahuan keterampilan terbukti kurang memuaskan. Demikian pula apabila sikapnya belum baik. Untuk itu, pembelajaran yang efektif harus diterapkan selama jangka waktu sebelum penilaian akhir semester berlangsung.

Menggunakan Metode Tryout

Tryout merupakan salah satu tahap persiapan siswa sebelum mengadapi penilaian tengah semester maupun penilaian akhir semester. Dengan metode ini, siswa akan mendapatkan pengalaman yang tepat seperti aslinya. Ia juga bisa mengatur strategi untuk menghadapi penilaian akhir semester sehingga hasilnya dapat lebih optimal. Selain bertujuan mempelajari materi secara mendalam, melatih diri dengan tryout akan sangat bermanfaat bagi siswa, khususnya untuk membangun mentalnya.

Pada saat ini, terdapat Tryout online gratis penilaian akhir semester gratis yang bisa didapatkan di website Rumah Juara. Dalam website Rumah Juara juga tersedia bank soal lengkap semua pelajaran SD yang dapat dijadikan sumber inspirasi untuk membuat bahan penilaian akhir semester. Dengan tersedianya ribuan soal latihan di bank soal Rumah Juara, diharapkan dapat membantu guru untuk membuat soal-soal latihan untuk siswa. Dengan demikian, siswa akan terlatih untuk mengerjakan tryout akhir semester maupun tes-tes lainnya. Hasil dari tryout dapat menjadi acuan untuk memperbaiki diri, baik siswa itu sendiri maupun guru. Jika berada di bawah standar yang ditentukan, perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan dalam proses pembelajaran. Demikian juga, jika hasilnya melebihi harapan, ada reward yang diberikan.