10 September 2018 08:56:26

Pentingnya Penilaian Harian bagi Siswa

Penilaian harian adalah salah satu metode yang bisa dilakukan guru untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

Penilaian harian adalah salah satu metode yang bisa dilakukan guru untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Pelaksanaan penilaian harian dilakukan minimal satu kali untuk setiap Kompetensi Dasar (KD) muatan pelajaran. Penilaian harian juga dapat dilakukan untuk mengetahui pencapaian siswa terhadap KD beberapa muatan pelajaran.

Bentuk penilaian harian terdiri atas beberapa macam, yaitu penilaian lisan, penilaian tertulis, penilaian penugasan, penilaian proyek, maupun bentuk lain yang sesuai dengan kompetensi yang sedang dinilai. Selain penilaian harian, ada pula jenis tes lainnya, yaitu penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, dan penilaian kenaikan kelas.

Implementasi Penilaian Harian bagi Siswa

Karena pelaksanaannya cenderung lebih sering daripada jenis tes lainnya, penilaian harian dapat menunjukkan data yang detail terkait perkembangan belajar siswa. Dengan demikian, guru akan lebih mudah untuk memantau kemajuan belajar sekaligus mengenali kesulitan belajar siswa, sehingga pengayaan atau remedial dapat dilakukan. Dalam hal ini, pentingnya nilai penilaian harian bagi siswa SD yaitu supaya dapat mengetahui hasil pencapaiannya dalam proses pembelajaran. Siswa bisa mengenali apa saja materi yang belum berhasil dikuasai sehingga dapat memperbaiki cara belajarnya. Bagi guru, secara khusus, hasil nilai penilaian harian yang tidak sesuai harapan dapat menjadi umpan balik untuk memperbaiki metode mengajar.

Untuk menyelenggarakan penilaian harian, guru tentu perlu mempersiapkan soal-soal yang tepat sesuai kisi-kisi yang dibuat. Sebagai sumber inspirasi, guru juga bisa memanfaatkan kumpulan soal penilaian harian SD. Salah satunya seperti yang tersedia di website Rumah Juara. Di sini, disediakan bank soal lengkap semua pelajaran SD yang dibutuhkan oleh guru untuk penilaian harian. Adanya kumpulan soal tersebut membuat pekerjaan pendidik menjadi lebih efektif dan efisien. Guru dapat lebih terbantu dalam menyusun tes tertulis untuk siswa SD.

Penilaian Harian

Salah satu bentuk penilaian harian adalah penilaian tertulis. Dalam hal ini, guru akan memberikan sejumlah soal terkait materi pelajaran. Soal-soal tersebut berguna untuk menguji pemahaman siswa terhadap apa yang baru saja diajarkan guru. Jika metode pengajaran guru berhasil dan siswa menyerapnya secara maksimal, hasil ulangan harian pasti optimal.

Di sisi lain, hasil penilaian harian bisa jadi dipandang sebagai sesuatu yang membebani bagi beberapa siswa. Nilai yang kurang baik dapat memicu rasa kurang puas dan rendah diri. Padahal, makna pelaksanaan penilaian harian seharusnya tidak dipahami seperti itu. Penilaian harian lebih tepat dijadikan sebagai pendorong untuk memperbaiki diri sebelum menghadapi penilaian-penilaian selanjutnya. Untuk menghapus paradigma tersebut, guru perlu membangun suasana yang kondusif dalam proses pelaksanaan penilaian harian. Apabila ternyata ada hasil penilaian yang tidak sesuai dengan harapan, guru diharapkan lebih fokus melakukan tindakan perbaikan terhadap kualitas belajar di ruang kelas.