07 September 2018 09:48:37

Tips Menggunakan Gadget Sebagai Sarana Belajar Anak

Tips penggunaan gadget agar dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar anak.

Generasi digital adalah generasi yang lahir pada era digital. Generasi ini secara langsung bersentuhan dengan kecanggihan teknologi yang demikian pesat dan tidak terbayangkan sebelumnya. Di pihak lain, sebagian generasi zaman dahulu masih dalam tahap peralihan. Jadi, tak perlu heran jika anak masa kini lebih lihai mengekplorasi fitur-fitur gadget daripada orang-orang yang lebih tua.

Kondisi ini semakin diperparah dengan proses belajar orang tua yang lebih lambat daripada anak-anak. Akhirnya, jurang kesenjangan yang terjadi semakin lebar. Bahkan, tak jarang orang tua harus pasrah diajari oleh anak untuk menguasai aplikasi tertentu di smartphone. Kondisi terbalik ini tidak ideal dan dapat membuat proses pembelajaran di rumah menjadi kurang optimal.

Saat ini, hanya dengan Rp1.000.000, seseorang dapat memiliki sebuah smartphone dengan spesifikasi yang lumayan bagus. Namun, jika smartphone tidak digunakan dengan bijak, akibatnya fatal. Salah satu fungsi gadget yang sering diabaikan adalah sebagai sarana belajar bagi anak. Berikut beberapa tips penggunaan gadget agar dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar anak.

1. Manfaatkan Aplikasi Edukasi

Kini, ada banyak aplikasi edukasi Android untuk anak yang dapat dimaksimalkan sebagai sarana untuk belajar. Aplikasi ini menawarkan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan berbeda ketika anak sedang belajar. Animasi yang memukau serta warna-warni yang cerah dapat menarik minat anak untuk belajar lebih rajin.

Ada banyak jenis aplikasi edukasi anak terbaik di gadget Android. Anda bisa mendapatkan aplikasi edukasi Android untuk anak dengan mengunduh secara gratis aplikasi Rumah Juara pada Play Store. Dalam aplikasi tersebut mencakup beberapa hal mengenai pembelajaran untuk anak yang disajikan secara kreatif dan menarik.

2. Larangan Harus Disampaikan dengan Bijak

Perubahan zaman tidak bisa dihindari atau dibatasi. Untuk itu, orang tua sebaiknya membekali anak dengan pengetahuan sehingga dapat menyesuaikan diri di tengah gempuran teknologi. Salah satunya, memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi gadget. Banyak orang tua tidak mengizinkan anak menggunakan gadget karena khawatir dengan dampak negatifnya, seperti kecanduan terhadap gadget. Melarang anak untuk memegang gadget sebenarnya hak orang tua. Namun, larangan tersebut perlu disertai dengan dasar yang tepat sehingga tidak justru merugikan anak pada kemudian hari.

3. Keseimbangan Antara Aktivitas Fisik dan Menggunakan Gadget

Hal lain yang tak kalah penting adalah mengusahakan keseimbangan antara belajar sambil menggunakan gadget dengan melakukan aktivitas fisik. Keduanya sama-sama penting, akan tetapi harus diikuti dengan porsi yang tepat. Aktivitas fisik seperti bermain atau berinteraksi dengan orang lain pun merupakan suatu cara belajar. Untuk itu, orangtua perlu berperan menjadi pihak yang mengontrol dan mengingatkan anak, khususnya jika telah melewati batas-batas yang ditentukan. Dengan demikian, gadget juga memiliki manfaat yang positif bagi anak, asal tahu cara memanfaatkannya.