06 September 2018 10:37:59

Game pada Gadget Sebagai Alat Bantu Belajar Anak

Anak-anak dapat lebih mudah mencerna berbagai informasi dan pengetahuan dari sekitarnya sembari bermain.

Masa anak-anak adalah masa untuk bermain. Anak-anak dapat lebih mudah mencerna berbagai informasi dan pengetahuan dari sekitarnya sembari bermain. Sebaliknya, jika dipaksa menerima pengetahuan dengan cara monoton dan membosankan, anak cenderung tidak menangkap dengan mudah. Dampak lainnya, anak menjadi malas belajar. Inilah akar penyebab prestasi belajar anak biasa-biasa saja atau bahkan cenderung menurun.

Ada begitu banyak aplikasi khusus yang diciptakan demi mendukung aktivitas belajar anak pada zaman modern ini. Penggunaan aplikasi tersebut biasanya disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak memproses informasi. Karena dirancang dengan menarik, aplikasi belajar ini lebih terkesan seperti game untuk bermain. Ini adalah alternatif millennials bisa belajar dengan asyik.

Bermain Sambil Belajar

Bermain sambil belajar merupakan salah satu alternatif anak millenials bisa belajar dengan asyik dan tidak monoton. Belajar dengan cara bermain memang tidak akan pernah membosankan. Akan tetapi, orangtua juga harus mendampingi dan memberikan pengarahan agar anak dapat belajar asyik namun tetap fokus. Dengan demikian, proses belajar sambil bermain anak akan lebih efektif dan dapat menunjukkan hasil yang signifikan.

Cara bermain sambil belajar dikatakan lebih efektif karena beberapa alasan. Pertama, anak adalah individu yang mudah bosan. Itulah sebabnya, ketika diajak untuk duduk diam dan mendengarkan, sebagian besar anak tidak betah melakukannya. Anak lebih senang mengeksplorasi hal-hal di sekelilingnya dengan menggunakan seluruh indranya. Kedua, bermain akan mengaktifkan fungsi indra yang dimiliki anak. Gerak motorik kasar dan motorik halusnya pun dapat terlatih. Ketika menyentuh sebuah benda, misalnya, ia bukan hanya sekadar mengetahui warna atau fungsinya secara teori, tetapi juga dapat merasakan permukaannya sekaligus mempraktikkan fungsinya.

Belajar melalui Game Menjadi Lebih Asyik

Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, konsep belajar tidak lagi monoton dan membosankan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kesan monoton pada cara belajar. Salah satunya, mengandalkan aplikasi khusus dengan konsep game yang diciptakan demi mendukung proses belajar seru pada anak. Dengan demikian, melalui game belajar menjadi lebih asyik. Inilah faktor yang membuat hasil belajar anak menjadi lebih optimal sehingga prestasinya menanjak.

Meskipun demikian, menggunakan game sebagai alat untuk belajar sebenarnya tidak langsung sempurna. Anak perlu mendapatkan pendampingan intensif supaya metode ini dapat benar-benar bermanfaat bagi proses belajarnya. Jika tidak, dampak buruknya adalah anak berisiko mengalami kecanduan gadget dan malas belajar. Risiko seperti inilah yang tidak diinginkan oleh para orangtua. Untuk menghindarinya, orangtua harus berani memberlakukan aturan khusus, mulai dari jadwal pemakaian gadget hingga situs yang boleh dibuka. Salah satu situs referensi informatif yang dapat menjadi sumber rujukan adalah website Rumah Juara. Tersedia beberapa produk unggulan seperti media interaktif, ebook, dan bank soal yang dikemas dengan menarik sehingga dapat membantu proses belajar anak dengan lebih baik.

Baca juga: Ini Pengaruh Penggunaan Gadget Saat Belajar.