04 September 2018 09:04:53

Tips Cerdas Memaksimalkan Gadget Sebagai Teman Belajar

Gadget dapat mengakomodasi siswa untuk belajar lebih kreatif dan menyenangkan.

Membesarkan anak generasi digital adalah tantangan terbesar para orangtua zaman sekarang. Masalahnya, jika orangtua tidak segera beradaptasi dengan perubahan teknologi yang sangat pesat, anak akan berpaling kepada orang lain yang dianggap dapat memberikan jawaban lebih memuaskan. Permasalahan lain yang sering terjadi adalah orangtua terlalu ketat melarang anak untuk menggunakan gadget. Hal ini dipicu oleh kekhawatiran terhadap pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Akibatnya, rasa penasaran anak semakin bertumpuk sehingga ia menggunakan gadget sambil bersembunyi. Ini tentu lebih berbahaya karena aktivitas anak saat menggunakan benda itu tidak dapat dikontrol.

Jika direnungkan, sebenarnya ada beberapa dampak positif gadget bagi anak, salah satunya dapat menjadi teman belajar. Dengan memanfaatkan alat canggih ini, kebutuhan anak untuk belajar dapat diakomodasi dengan lebih baik sehingga bisa mendongkrak prestasi belajar anak. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat gadget lebih bermanfaat.

1. Mengunjungi Website yang Bermanfaat

Salah satu ketakutan orangtua ketika anak memegang gadget adalah disalahgunakan untuk berselancar di situs-situs yang kurang mendidik dan merusak moral. Untuk menghindari hal tersebut, berikan pemahaman kepada anak mengenai situs yang baik dan tidak baik. Ajak pula anak untuk berkenalan dengan situs yang menawarkan pengetahuan dan hal-hal positif. Salah satunya adalah website Rumah Juara yang menyediakan berbagai informasi penting mengenai pembelajaran dan dapat menjadi sumber rujukan belajar untuk anak SD (Sekolah Dasar). Dalam Website Rumah Juara juga terdapat beberapa produk unggulan seperti, Media Interaktif, Bank Soal, dan Ebook yang disajikan secara kreatif dan menarik. 

2. Memberikan Batasan Waktu

Menggunakan gadget harus diikuti dengan aturan tentang batasan waktu. Pasalnya, menatap layar bercahaya secara terus-menerus dapat berakibat buruk terhadap indra penglihatan. Siasatnya, orangtua harus memberikan batasan waktu penggunaan gadget kepada anak. Anak diwajibkan mematuhi aturan tersebut.

3. Perlunya Pendampingan Orangtua

Belajar sambil menggunakan gadget sebaiknya dilakukan dengan pendampingan orangtua. Setidaknya, orangtua dapat memantau secara berkala apa saja yang dapat dipelajari anak dari situs-situs yang dikunjunginya. Selain itu, orangtua juga dapat memberikan saran, membuka wawasan, dan menyampaikan solusi, jika anak mengalami masalah ketika mengakses informasi dari internet.

4. Mengunduh Aplikasi yang Mendidik

Orangtua juga dapat memanfaatkan berbagai aplikasi yang mendidik untuk membantu proses belajar anak. Saat ini, sudah tersedia banyak aplikasi yang dirancang khusus untuk mengasah otak anak. Dengan aplikasi-aplikasi seperti ini, cara belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton. Bahan-bahan belajar pun biasanya lebih lengkap dan dapat ditemukan secara praktis.

5. Belajar Bersama dalam Grup

Gadget juga bisa digunakan untuk membangun grup atau komunitas tertentu. Anak-anak dapat memanfaatkan keberadaan grup ini sebagai sarana untuk belajar secara berkelompok. Hal ini sangat menolong terutama jika ada kendala waktu dan jarak untuk bertemu muka.