16 Agustus 2018 11:42:29

Semarak Asian Games 2018: Energy of Asia

Dukungan pelajar terkait Asian Games 2018 Energy of Asia.

Pembukaan Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang beberapa hari lagi. Sebagai tuan rumah, sebagaimana slogan Asian Games 2018 yaitu Energy of Asia, Indonesia diharapkan bisa memanfaatkan peluang untuk menunjukkan keragaman budaya, bahasa, dan sejarah bangsa sehingga Indonesia bisa menjadi penyokong energi Asia di kancah global. Gelaran Asian Games diharapkan menjadi motivasi Indonesia untuk lebih banyak lagi berpartisipasi di dunia demi menjadikan Indonesia sebagai negara maju di Asia. Guna menyambut Asian Games, pelaksanaan kirab obor Asian Games telah dimulai pada pada 15 Juli 2018. Sumber api obor tersebut adalah api abadi Asian Games yang tersimpan di Stadion Nasional Dhyan Chand, India sebagai pelaksana perdana Asian Games 1951.

Antusiasme Pelajar Menyambut Asian Games 2018

Kirab obor dimulai ketika obor tiba di DI Yogyakarta pada tanggal 17 Juli 2018, kemudian memulai perjalanannya ke 53 kota di 18 provinsi. Antusiasme pelajar untuk menyaksikan kirab obor Asian Games 2018 sangat tinggi. Sejak pagi, ribuan pelajar telah memadati lokasi kirab untuk menyaksikan api tersebut diarak oleh sejumlah tokoh kenamaan. Bersama warga, para pelajar menggelar berbagai hiburan untuk menyambut kedatangan obor tersebut. Tak hanya itu, para pelajar pun banyak yang datang dengan membawa bendera dari berbagai negara peserta Asian Games.

Hal tersebut selaras dengan pernyataan Kemenpora RI bahwa generasi milenial utamanya para pelajar harus didorong untuk ikut serta menggaungkan dan mensosialisasikan ajang multievent tersebut. Lebih lanjut, sosialisasi oleh generasi milenial bisa melalui branding masing-masing yang positif seperti pemanfaatan berbagai media sosial yang ada. Generasi milenial, khususnya para pelajar, harus menunjukkan bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dan bisa menjadi juara dalam perhelatan Asian Games.

Partisipasi Pelajar dalam Asian Games 2018

Asian Games 2018 dengan tagline “Energy of Asia” mendapat dukungan dari berbagai pihak. Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud bahkan menerbitkan surat edaran yaitu SE Kemendikbud Dirjen Dikdasmen Nomor 4 Tahun 2017 terkait fasilitas untuk atlet pelajar dan pelajar yang turut serta sebagai pendukung dalam Asian Games. Selama Asian Games berlangsung, Kemendikbud juga memberlakukan pengecualian proses belajar-mengajar untuk provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Selatan. Dengan begitu, baik atlet pelajar maupun pelajar pendukung dapat aktif berpartisipasi dalam Asian Games 2018.

Tak hanya itu, pelajar pun mendapatkan promo tiket berupa diskon sebesar 15% dari Inasgoc, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 yang dapat dibeli di pop-up store Asian Games. Kepala Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Junaedi pun menyatakan bahwa pelajar mendapat alokasi tiket gratis Asian Games sebanyak 25.000 hingga 50.000 tiket. Lebih lanjut, alokasi tiket gratis tersebut ditujukan untuk para pelajar dari sekolah yang diliburkan. Dengan demikian, pelajar difasilitasi untuk memeriahkan pesta olahraga tersebut sehingga dapat memberi dukungan penuh pada tim Indonesia.

Baca juga: SE Kemendikbud tentang Dukungan Pelaksanaan Asian Games XVIII di Lembaga Pendidikan