14 Agustus 2018 11:42:53

Makna Dwisatya dan Dwidharma pada Peringatan Hari Pramuka Ke-57

Tepat pada tanggal 14 Agustus 2018, pramuka telah menapaki tahun ke-57 setelah secara resmi menjadi kegiatan pendidikan berbasis kepanduan di Indonesia.

Tepat pada tanggal 14 Agustus 2018, pramuka telah menapaki tahun ke-57 setelah secara resmi menjadi kegiatan pendidikan berbasis kepanduan di Indonesia. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti jiwa muda yang suka berkarya. Visi dan misi dari kegiatan pramuka dirasa sangat relevan dengan kegiatan pengembangan pengetahuan dan keterampilan bagi generasi muda. Hal ini yang menjadi dasar pemerintah dalam menerapkan gerakan kepanduan pramuka sebagai salah satu kegiatan pendidikan nonformal yang resmi berdiri menjadi sebuah organisasi.

Kode Kehormatan Pramuka Siaga

Ada beberapa nama satuan dalam kegiatan kepramukaan, salah satunya adalah Pramuka Siaga. Pramuka Siaga merupakan bentuk gerakan kepanduan pada satuan pendidikan di sekolah dasar. Kegiatan kepanduan ini memiliki tujuan pendidikan yang sejalan dengan kegiatan siswa sekolah dasar. Dalam Pramuka Siaga terdapat dua kode kehormatan yang menjadi dasar dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka Siaga yaitu Dwisatya dan Dwidharma.

Dwisatya merupakan komitmen diri yang harus diucapkan setiap anggota Pramuka Siaga. Komitmen ini berupa janji bahwa setiap anggota akan berusaha untuk mengimplementasikan nilai-nilai kehormatan tersebut baik di dalam organisasi pramuka, maupun ketika berada di tengah masyarakat. Bunyi Dwisatya Pramuka adalah sebagai berikut:

Dwisatya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersunguh-sungguh

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menurut aturan keluarga.
  2. Setiap hari berbuat kebaikan.

Dwidharma merupakan ketentuan moral berupa pedoman perilaku bagi setiap anggota Pramuka Siaga. Bentuk perilaku yang dilakukan akan lebih spesifik dan tercermin dari setiap kegiatan yang dilakukan dalam keseharian anggota Pramuka Siaga. Bunyi Dwidharma Pramuka adalah sebagai berikut:

Dwidharma

  1. Siaga itu patuh pada ayah dan ibundanya.
  2. Siaga itu berani dan tidak putus asa.

Menyiapkan Karakter Generasi Muda Melalui Kegiatan Pramuka

Gerakan pramuka dalam pelaksanaan fungsinya merupakan salah satu wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda Indonesia untuk menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, menjunjung nilai-nilai luhur bangsa, mampu mengisi kemerdekaan nasional dan membangun dunia yang lebih baik. Gerakan pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang menjadi bagian dari pendidikan nasional dengan tujuan membina generasi muda untuk sepenuhnya mencapai potensi spiritual, sosial, intelektual, dan juga fisiknya, agar mereka bisa melakukan hal-hal berikut.

  1. Membentuk kepribadian dan akhlak generasi muda.
  2. Menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan bela negara bagi generasi muda.
  3. Meningkatkan keterampilan sebagai generasi muda sehingga siap untuk menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa, berjiwa patriotisme, dan menjadi calon pemimpin bangsa yang lebih baik pada masa yang akan datang.