28 Mei 2018 08:54:48

5 Kisah Inspiratif Anak Indonesia

Mengukir prestasi yang membanggakan di usia belia berkat dukungan orang tua, lingkungan, serta pendidikan yang tepat.

Mengukir prestasi yang membanggakan di usia belia bukanlah hal yang mustahil. Hal tersebut berkat dukungan orang tua melalui pola asuh yang tepat. Dalam hal ini, orang tua mampu memberikan stimulasi tepat kepada anak sesuai minat, bakat, dan kemampuan. Lebih dari itu, lingkungan serta pendidikan juga mampu memberikan kontribusi positif untuk tumbuh kembang anak. Dengan demikian, anak terdorong untuk mencapai prestasi yang maksimal di usianya yang masih sangat muda. Berikut ini lima anak Indonesia dengan prestasi membanggakan yang dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

1.  Joey Alexander: Pianis Jaz Termuda

Joey Alexander adalah pianis jaz Indonesia yang lahir di Denpasar pada tanggal 25 Juni 2003. Pada usia 9 tahun, Joey meraih Grand Prix dalam Master-Jam Fest 2013 (kompetisi musik jaz untuk segala usia) di Odessa, Ukraina yang diikuti 43 musisi dari 17 negara. Saat berusia 10 tahun, Joey menarik perhatian Marsalis, Direktur Seni Jazz at Lincoln Center (JALC), sehingga Joey berkesempatan debut di Amerika Serikat. Di usia 11 tahun, Joey merilis album musik perdananya berjudul “My Favorite Things”  di bawah Motema Record, New York yang membuatnya mendapatkan nominasi Anugerah Grammy untuk dua kategori yaitu Best Instrumental Jazz Album dan Best Jazz Solo Improvisation. Joey menjadi artis kedua dari Indonesia yang sukses di Chart Billboard setelah Anggun C. Sasmi.

2.  Rafi Abdurrahman Ridwan: Desainer America’s Next Top Model

Rafi Abdurrahman Ridwan adalah seorang desainer cilik yang banyak menciptakan busana batik khas Indonesia. Meskipun terlahir tuna rungu, hal tersebut tidak membuat kehidupannya tampak menyedihkan. Lewat dukungan keluarga, Rafi mengadakan pertunjukkan mini di usia 9 tahun dengan kolaborasi bersama Barli Asmara, seorang perancang busana ternama Indonesia. Kemudian, hasil rancangan Rafi pun dihadirkan dalam pagelaran busana di The Jakarta Fashion Week 2012. Karya Rafi pun mencuri perhatian Tyra Banks yang membuatnya menjadi perancang busana untuk event America's Next Top Model

3.  Yuma Soerianto: Programmer Termuda WWDC

Yuma Soerinato adalah seorang anak yang ketika berusia 10 tahun menjadi programmer termuda di WWDC (World Wide Developers Conference) 2017. Aplikasi ciptaan Yuma pun berhasil mencuri perhatian CEO Apple, Tim Cook. Aplikasi tersebut membantu seseorang untuk menentukan harga sebuah barang serta memudahkannya dalam membeli suvenir. Siswa Middle Park Primary School di Melbourne tersebut juga sudah berhasil menciptakan lima aplikasi lainnya yaitu Lets Stack!, Hunger Button, Kid Calculator, Weather Duck, dan Pocket Poke.

4.  Perdana Putra Minang: Pembalap Gokar Muda

Perdana Putra Minang berhasil menjuarai berbagai kompetisi balap gokar internasional. Berbagai prestasi tersebut berawal dari ajakan sang ayah untuk balapan gokar. Akhirnya, anak yang lahir pada tahun 2001 itu pun mulai tertarik untuk terjun ke dunia balap pada tahun 2008. Perdana berhasil menjuarai berbagai kompetisi seperti Juara II Copa Trofeo Griffone, Sarno International Karting Circuit, Napoli, Italia pada tahun 2012 serta Juara I kelas junior Asia Max Challenge (AMC), Sirkuit Sepang, Malaysia pada tahun 2014. Prestasi tersebut diraih Perdana setelah bergabung bersama Red White Racing Team.

5.  Syahrozad Nalfa Nadia dan Avicenna Roghid Putra Sidik: Kakak Beradik Juara Robotik Internasional

Kakak beradik Nadia dan Avicenna berhasil menjuarai Asian Youth Robotic Olympiads (AYRO) di Singapura. Nadia yang baru berusia 9 tahun dan adiknya, Avicenna yang baru berusia 6 tahun telah berhasil meraih Gold Prize medal brick Speed, Gold Prize Medal, Silver Prize Medals Maze Solving Junior, dan Bronze Medal Aerial Robotic Junior. Kakak beradik tersebut merupakan siswa dari Madrasah Pembangunan UIN. Mereka menyukai dunia robotik sejak kecil dan mendapat dukungan dari orang tua maupun pihak sekolah.