25 Mei 2018 08:24:45

4 Keuntungan Memilih Sekolah Lebih Awal

Orang tua disarankan untuk menentukan pilihan sekolah untuk anak lebih awal mengingat banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Sebagian besar sekolah biasanya baru membuka pendaftaran di awal tahun ajaran. Meskipun demikian, orang tua sebaiknya menentukan pilihan sekolah lebih cepat dari itu. Apalagi, jika sekolah yang diincar adalah sekolah favorit yang dinilai bukan dari status internasionalnya, melainkan karena sistem pendidikan serta tenaga pendidik yang ramah anak. Bisa jadi, orang tua harus sudah mempertimbangkan pilihan sekolah sejak satu tahun sebelumnya. Jika tidak, kekecewaan mungkin didapat karena gagal memasukkan anak ke sekolah incaran tersebut.  

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi orang tua untuk menentukan pilihan sekolah untuk anak lebih awal mengingat banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Adapun hal-hal yang perlu dipertimbangkan tersebut di antaranya visi, misi, dan tujuan sekolah, tenaga pendidik, kondisi sekolah dan lingkungannya, jarak sekolah dari rumah, kesesuaian minat, bakat, dan kebutuhan anak, durasi pembelajaran di sekolah, serta kesesuaian finansial orang tua. Dengan demikian, menentukan pilihan sekolah sejak awal tentu memiliki banyak keuntungan. Berikut ini empat keuntungan menentukan pilihan sekolah anak lebih awal.

1.  Berkesempatan untuk Mencari Informasi kepada Pihak Sekolah

Sebelum pendaftaran peserta didik baru (PPDB) dibuka, pihak sekolah tentu belum disibukkan dengan pelaksanaan program tersebut. Oleh karena itu, sekolah menyediakan waktu agar dapat digunakan para orang tua untuk mencari informasi atau mengonfirmasi terkait PPDB yang akan dilaksanakan. Kesempatan tersebut tidak harus dimanfaatkan orang tua dengan mengunjungi sekolah secara langsung. Orang tua pun juga dapat mencari informasi melalui laman resmi sekolah di internet atau menghubungi melalui telepon maupun media sosial.

2.  Memiliki Banyak Waktu untuk Membandingkan dengan Sekolah Lain

Saat menentukan pilihan sekolah untuk anak, ada baiknya orang tua tidak hanya memiliki satu pilihan sekolah, melainkan menyiapkan beberapa alternatif sekolah yang dinilai sejenis atau setara dengan sekolah pilihan utama. Dengan demikian, orang tua dapat membandingkan informasi yang diperoleh dari masing-masing sekolah tersebut. Karena informasi sekolah-sekolah tersebut sudah dikumpulkan jauh-jauh hari, orang tua pun memiliki banyak waktu untuk mempertimbangkan sekolah mana yang paling sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

3.  Menentukan Sekolah dengan Pemikiran dan Perencanaan Matang

Menentukan pilihan sekolah anak lebih awal juga dapat membantu orang tua untuk membuat perencaan yang matang mengenai pendidikan anak. Hal itu dikarenakan orang tua memiliki waktu yang cukup untuk berpikir sehingga tidak tergesa-gesa membayarkan uang pendaftaran hanya karena takut kuota sekolah telah penuh. Lebih dari itu, orang tua juga mampu mempersiapkan hal-hal yang diperlukan anak untuk mengikuti pendaftaran di sekolah yang telah dipilih hingga berbagai perlengkapan yang digunakan ketika bersekolah nanti.

4.  Biaya Pendaftaran Relatif Lebih Murah

Salah satu yang menjadi target saat menentukan pilihan sekolah anak lebih awal adalah mendapatkan biaya pendaftaran yang relatif lebih murah jika dibandingkan pada saat pendaftaran telah resmi dibuka. Hal ini dikarenakan beberapa sekolah biasanya menyediakan harga khusus pada pendaftar awal untuk menarik minat orang tua. Kesempatan tersebut tentu bermanfaat sebagai penghematan agar kebutuhan anak yang lain dapat lebih tercukupi.

Baca juga: 5 Panduan Memilih Sekolah bagi Anak Menurut Pakar Psikologi