23 Mei 2018 08:20:54

Transformasi Peran Guru di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi

Di era TIK, selain berperan sebagai pendidik dan pengajar, guru juga berperan sebagai filter untuk menyaring informasi bagi siswa.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang kian pesat membuat peranan guru dalam dunia pendidikan turut mengalami perubahan. Dahulu, guru merupakan pendidik yang menjadi tempat bagi siswa untuk bertanya segala hal. Pada saat itu, guru merupakan pusat pembelajaran sehingga proses belajar yang dilakukan siswa cenderung kurang aktif. Hal tersebut diperparah dengan terbatasnya sumber belajar yang sebagian besar hanya terfokus pada buku pemerintah.

Peran Guru di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi

Di era TIK seperti saat ini, selain berperan sebagai pendidik dan pengajar, guru juga berperan sebagai filter untuk menyaring informasi bagi siswa-siswanya. Transformasi peran tersebut merupakan respons dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Peran guru sebagai pengajar sangat mungkin digantikan dengan berbagai fasilitas TIK, misalnya mesin pencari di internet. Namun demikian, peran guru sebagai pendidik tidak dapat digantikan dengan teknologi apapun.

Dalam hal ini, guru justru berperan sebagai penjaga gawang yang membantu siswa menangkis pengaruh buruk internet dan media sosial. Sejalan dengan hal tersebut, Mendikbud menyebutkan bahwa era saat ini sebagai era teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dimana sumber belajar tersedia banyak dan mudah didapat, namun tetap diperlukan penyaringan. Oleh karena itu, guru sangat dibutuhkan sebagai penghubung sumber-sumber belajar (resource linkers) yang dapat mengarahkan siswa untuk menemukan sumber belajar yang tepat.

Sementara itu, guru juga diharapkan mampu mengembangkan diri sebagai fasilitator belajar siswa dengan memanfaatkan TIK. Karenanya, fasilitas TIK pun turut berperan dalam mengoptimalkan proses belajar di era ini. Lebih lanjut, guru harus mampu membimbing dan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai tujuan belajar, bukan hanya sekadar materi dan proses belajar.

Pengaruh Positif dan Negatif TIK bagi Pendidikan

Pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki dua sisi yang berlawanan, yaitu sisi positif dan sisi negatif. Sisi positif perkembangan TIK antara lain siswa dan guru sudah tidak mengalami kesulitan mengakses informasi dan berbagai-macam sumber belajar. Dalam hal ini, tantangan terbesar yang dihadapi adalah mendapatkan berbagai informasi atau sumber belajar yang tepat, terpercaya, dan berkualitas.

Di sisi lain, perkembangan TIK juga membawa dampak negatif yaitu munculnya beberapa ancaman yang mudah menyebar di media sosial dan memengaruhi generasi muda. Hal-hal seperti penyalahgunaan narkoba, paham radikalisme dan intoleransi, serta berbagai informasi palsu atau berita bohong adalah contoh beberapa sisi negatif perkembangan TIK. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas antara guru dan siswa serta didukung oleh keterlibatan keluarga dan pemerintah untuk memanfaatkan teknologi secara bijaksana.