22 Mei 2018 09:26:36

Belajar Bersama Maestro: Maestro Seni sebagai Penguat Karakter Bangsa

Sumber: http://bbm.kemdikbud.go.id/

Program Belajar Bersama Maestro (BBM) 2018 resmi dibuka oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan. Pembukaan program tahunan yang telah dirintis sejak tahun 2015 tersebut dilaksanakan di kediaman seniman Djoko Pekik, di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tajuk “Maestro Seni sebagai Penguat Karakter Bangsa”. Bersamaan dengan itu, pendaftaran (BBM)  2018 secara resmi pun dibuka pada laman bbm.kemdikbud.go.id.

Melalui program BBM  2018, siswa dapat terlibat secara langsung dalam proses kreatif dan keseharian para seniman Indonesia. Nantinya, siswa juga akan berinteraksi dan memperoleh pelajaran berharga dari kehidupan para maestro. Selain untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai seni dan kebudayaan, BBM juga diharapkan mampu membentuk dan memperkuat jati diri siswa sebagai penentu karakter bangsa di masa mendatang.

Maestro yang Berpartisipasi dalam BBM 2018

Dalam acara peluncurannya, ada 20 maestro yang turut berpartisipasi dalam BBM 2018. Para maestro yang terlibat adalah para seniman dengan reputasi mumpuni, baik skala nasional maupun internasional. Dari 20 maestro, tujuh di antaranya berasal dari Yogyakarta yaitu Didik Nini Thowok, Djaduk Ferianto, Djoko Pekik, Putu Sutawijaya, Miroto, Angki Purbandono, dan Nasirun.

Sementara itu, 13 maestro lainnya yakni Manteb Soedharsono (Surakarta), Gilang Ramadhan (Jakarta), Dindon WS (Jakarta), Hanafi (Jakarta), Fendi Siregar (Jakarta), Ayu Laksmi (Bali), Ni Nyoman Tjandri (Bali), Ni Ketut Arini (Bali), Made Sidia (Bali), Arief Yudhi (Majalengka), Wangi Indriya (Indramayu), Irwansyah Harahap (Medan), dan Iswadi Pratama (Lampung).

Pendaftaran Belajar Bersama Maestro (BBM) 2018

BBM merupakan wadah bagi para siswa untuk mengenal dan memahami secara utuh proses kreatif yang dilakukan para maestro Indonesia. Pengalaman yang sulit diperoleh di bangku sekolah maupun buku pelajaran tersebut diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi perkembangan minat seni para siswa. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka peluang kepada siswa-siswa SMA/SMK sederajat untuk mengikuti program belajar tersebut.

Adapun syarat utama bagi siswa yang ingin mengikuti BBM 2018 adalah siswa kelas X dan XI SMA/SMK sederajat yang harus memiliki dasar pengetahuan di bidang kesenian. Selain itu, calon peserta juga harus membuat tulisan sebanyak 300 kata dengan tema “Hubungan Seni dan Penguatan Karakter”. Calon peserta juga diwajibkan untuk membuat video promosi diri mengenai motivasi mengikuti kegiatan BBM dengan durasi dua menit yang diunggah pada laman Belajar Bersama Maestro.

Sementara itu, persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah sehat jasmani dan rohani, menggunakan media sosial secara aktif, serta belum pernah mengikuti kegiatan Belajar Bersama Maestro sebelumnya. Lebih lanjut, pendaftaran Belajar Bersama Maestro (BBM) 2018 dapat dilakukan melalui laman bbm.kemdikbud.go.id mulai tanggal 15 Mei hingga 2 Juni 2018. Kemudian, peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan diumumkan pada 13 Juni 2018 mendatang.