17 Mei 2018 08:33:15

Mengenal Atlet Unggulan Indonesia di Ajang Asian Games 2018

Indonesia memasang beberapa target dalam ajang Asian Games XVIII yang diharapkan bisa diwujudkan oleh atlet-atlet nasional kita.

Menyambut ajang olahraga Asian Games 2018, kini atlet-atlet Asia tengah mempersiapkan diri untuk berkompetisi di berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan. Indonesia sebagai salah satu peserta sekaligus tuan rumah Asian Games XVIII juga turut mempersiapkan diri sebaik mungkin. Tahun ini, Indonesia memasang beberapa target dalam ajang Asian Games yang diharapkan bisa diwujudkan oleh atlet-atlet nasional kita. Berikut ini beberapa atlet unggulan Indonesia di Asian Games 2018.

1. Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad (Bulutangkis)

liliyana tontowiLiliyana Natsir dan Tontowi Ahmad adalah atlet andalan Indonesia pada cabang olahraga bulutangkis. Pada Asian Games 2014 lalu, Owi dan Butet (sapaan akrab mereka) berhasil menduduki posisi runner up. Selain itu, beberapa gelar berhasil mereka peroleh, di antaranya Juara Dunia 2013, Juara Asia 2015, Juara Malaysia Terbuka (2016), Juara All England (2012 – 2014), serta Juara Singapura Terbuka (2013 dan 2014).

2. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)

eko yuli atlet angkat besiDari cabang angkat besi, Eko Yuli Irawan akan menjadi andalan Indonesia. Pada turnamen angkat besi dunia junior di Praha, Republik Ceko tahun 2007, Eko Yuli Irawan pernah meraih emas dan memperoleh penghargaan sebagai the best lifter. Tidak hanya itu, tahun 2012 di Olimpiade London untuk kedua kalinya Eko berturut-turut menjadi penyumbang medali pertama Indonesia dengan meraih medali perunggu pada kelas 62 kg.

3. Iqbal Candra Pratama (Pencak Silat)

iqbal chandra pencak silatDari cabang pencak silat, Iqbal Candra Pratama akan menjadi andalan Indonesia. Iqbal merupakan alumni Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) dan telah mengikuti seleksi nasional persiapan SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

4. Lindswell Kwok dan Felda Elvira Santoso (Wushu)

lindswell elvira wushuLindswell Kwok dan Felda Elvira Santoso akan menjadi andalan Indonesia di cabang olahraga wushu. Lindswell Kwok pernah memperoleh dua medali emas pada nomor Taolu Taijijian dan Taolu Taijiquan di Kejuaraan Dunia Wushu 2015 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta. Sementara itu, Felda Elvira Santoso adalah atlet peraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Wushu 2017 di Rusia awal Oktober lalu. Felda juga berhasil menyabet emas di ajang SEA Games 2017 dari cabang wushu nomor Dau Shu.

5. Elga Kharisma Novanda (Balap Sepeda)

elga kharisma balap sepedaElga Kharisma Novanda merupakan atlet balap sepeda andalan Indonesia di nomor track putri pada Asian Games 2018. Sejumlah prestasi pernah Elga torehkan, salah satunya medali emas di ajang SEA Games 2017. Medali emas di SEA Games tersebut merupakan medali emas ketiganya. Sebelumnya, Elga telah menyabet emas di SEA Games 2011 dan 2013.

6. Ryan Leonard Lalisang (Boling)

ryan r lalisang bowlingRyan Leonard Lalisang merupakan atlet senior boling yang menjadi andalan Indonesia di Asian Games 2018. Beberapa prestasi pernah ditorehkan oleh Ryan, di antaranya medali emas pada SEA Games 2005 di Manila, Kejuaraan Boling Asia 2006, dan Asian Games 2006 di Doha (Qatar).

7. Aero Sutan Aswar (Jetski)

aero sutan jet skiDari cabang olahraga jetski, Aero Sutan Aswar akan menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali emas. Tahun 2016, Aero Aswar tampil sebagai juara di seri P1 Aquax USA di Pantai Laurderdalle, Florida, Amerika Serikat. Terakhir, Aero berhasil berhasil menduduki posisi runner up Kejuaraan Dunia Jetski 2017 di Lake Havasu City Arizona, Amerika Serikat.

8. Aspar Jaelolo (Panjat Tebing)

aspar jaelolo panjat tebingPanjat tebing merupakan cabang olahraga baru di Asian Games 2018. Aspar Jaelolo akan diandalkan dalam cabang olahraga ini. Aspar Jaelolo pernah memperoleh perak di dua turnamen pada tahun 2017, yakni di Wujian dan Xiamen, China. Padahal saat itu Indonesia tampil tak diunggulkan.

9. Rika Wijayanti (Paragliding)

rika wijayanti paragliding paralayangPada Asian Games 2018 nanti, cabang paragliding menargetkan satu medali emas. Rika Wijayanti akan menjadi andalan Indonesia pada cabang olahraga ini. Rika Wijayanti baru saja menjadi juara di ajang World Cup Seri 1 di North Cyprus, Turki, pada Februari 2018.

10. Hendro Yap (Atletik)

hendro yap atletik jalan cepatCabang olahraga atletik akan menjadi andalan Indonesia pada Asian Games 2018. Pasalnya, cabang olahraga ini berhasil menorehkan 15 medali pada SEA Games terakhir. Hendro Yap akan menjadi andalan Indonesia dari nomor jalan cepat 20 km. Pada ajang SEA Games terakhir, Hendro Yap berhasil mencatatkan rekor tercepat.