17 Mei 2018 08:10:40

Buku Audio sebagai Media Alternatif Pembelajaran Bahasa

Buku audio (audio book) adalah buku yang melalui proses pengolahan kata menjadi bahasa verbal.

Hari Buku Nasional yang jatuh setiap tanggal 17 Mei diperingati sebagai momentum untuk menggiatkan upaya peningkatan minat baca masyarakat Indonesia, pelestarian budaya membaca buku, hingga pencapaian target dalam penjualan buku nasional. Sebagai salah satu sumber utama dalam pembelajaran, isi/konten buku dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan unsur edukatif. Di sisi lain, dari segi media yang digunakan, buku harus mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Dalam hal ini, buku dapat dinikmati dengan berbagai media yang variatif. Salah satunya adalah buku audio (audio book).

Mengenal Buku Audio (Audio Book)

Buku audio (audio book) merupakan rekaman teks buku atau bahan tertulis lainnya yang dibacakan oleh seorang atau sekelompok orang penyuara. Dengan kata lain, buku audio adalah buku yang melalui proses pengolahan kata menjadi bahasa verbal sehingga dapat menjadikannya lebih menarik untuk dinikmati. Buku audio biasanya direkam dalam bentuk kaset, cd audio, atau juga bisa diunduh melalui internet.

Secara resmi, pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy telah merilis buku audio bagi tunanetra pada pembukaan Rakor Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2018. Buku audio yang dikembangkan oleh Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Kemendikbud tersebut dirancang untuk memudahkan penyandang tunanetra yang selama ini mengandalkan suara dalam menerima informasi. Kendati demikian, buku audio tentu dapat digunakan masyarakat umum secara luas terutama sebagai alternatif media pembelajaran di kelas.

Manfaat Buku Audio dalam Pembelajaran Bahasa

Penggunaan utama buku audio memang ditujukan untuk membantu penyandang disabilitas seperti tunanetra dan tunaaksara. Perkembangan selanjutnya, buku audio tentu dapat dinikmati oleh semua orang. Dengan buku audio, seseorang bisa membaca buku tanpa harus membacanya. Secara umum, kita hanya perlu mendengarkannya melalui tape, baik di mobil, rumah, ataupun dalam bentuk file audio yang dapat didengar melalui gawai dalam segala situasi yang memungkinkan.

Lebih lanjut, buku audio pun dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran bahasa di kelas, khususnya pada kegiatan mendengarkan atau menyimak. Pada kegiatan pembelajaran menyimak siswa SD kelas bawah, buku audio dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca, mulai dari pengenalan huruf hingga pembacaan kalimat lengkap. Untuk siswa SD kelas atas, buku audio membantu siswa untuk memahami isi suatu bacaan. Secara global, buku audio akan otomatis membantu siswa berkonsentrasi memahami materi yang sedang dipelajari melalui keterampilan menyimak atau mendengarkan.