16 Mei 2018 10:29:37

Inilah 40 Cabang Olahraga dalam Asian Games 2018

Indonesia menjadi penyelenggara Asian Games dengan cabang olahraga (cabor) terbanyak yang akan dipertandingkan.

Asian Games merupakan ajang olahraga akbar yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Perhelatan tolahraga ini mengikutsertakan atlet-atlet terbaik dari seluruh penjuru Asia. Pada tahun 2018, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah kompetisi olahraga terbesar di Asia tersebut. Sebagai tuan rumah, Indonesia akan menyelenggarakan Asian Games 2018 tepat setelah merayakan Hari Kemerdekan Republik Indonesia yang ke-73 yaitu pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018. Adapun lokasi utama yang menjadi basis penyelenggaraan Asia Games 2018 yaitu Jakarta dan Palembang. Selain itu, juga terdapat beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten.

Mempertandingkan 40 Cabang Olahraga

Asian Games 2018 akan mempertandingkan 40 cabang olahraga yang terbagi menjadi 32 cabang olimpiade dan 8 cabang nonolimpiade dengan jumlah nomor perlombaan hampir 490 nomor. Hal ini menjadikan Indonesia menjadi penyelenggara Asian Games dengan cabang olahraga (cabor) terbanyak yang akan dipertandingkan. Agar lebih jelas, berikut uraian 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang mendatang.

1. Cabang Olahraga Olimpiade

Cabang olahraga olimpiade yang akan dipertandingkan dalam Asian Games 2018 meliputi anggar, angkat besi, aquatics (loncat indah, polo air, renang indah, dan renang), atletik, badminton, balap sepeda (bmx race, road race, MTB, dan track), basket (basket 3x3 dan basket 5x5), berkuda (dressage, jumping, eventing), berlayar, bisbol dan sofbol, bola tangan, bola voli (beach volley dan indoor volley), dayung, golf, serta gulat (freestyle dan greco roman). Selanjutnya, juga terdapat cabang olahraga hoki, judo, kano/kayak (CSL, TBR, dan CSP), karate (kata dan kumite), menembak (pistol, running target, rifle, dan skeet & trap), modern pentathlon, panahan, panjat tebing, roller sport (roller skate dan skateboarding), rugby-7, senam (artistic, trampoline, dan rythmic), sepak bola, taekwondo (kyorugi dan poomsae), tenis (regular tennis dan soft tennis), tenis meja, tinju, serta triathlon.

2. Cabang Olahraga Nonolimpiade

Cabang olahraga nonolimpiade yang akan dipertandingkan dalam Asian Games 2018 meliputi bowling, permainan kartu (bridge), jet ski, kabaddi, martial arts (ju-jitsu, pencak silat, kurash, sambo, dan wushu), paragliding, sepak takraw, serta squash.

Cabang Olahraga Andalan Penyumbang Medali Emas Indonesia

Dari 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Asian Games 2018, Indonesia memiliki beberapa cabang olahraga andalan yang berpotensi besar untuk menyumbangkan medali emas. Hal ini dikarenakan cabang olahraga tersebut sudah masuk pada level Asia, sementara cabang olahraga lainnya masih berada di level Asia Tenggara. Namun demikian, semua cabang olahraga tentu diperlakukan sama. Yang membedakan hanya pada uji coba dan prioritasnya saja.

Adapun cabang-cabang olahraga andalan Indonesia yang kemungkinan berpotensi meraih medali emas antara lain adalah angkat besi, atletik, badminton, balap sepeda, bowling, kano/kayak, dayung, jet ski, karate, martial arts  yang meliputi ju-jitsu, pencak silat, kurash, sambo, dan wushu), panjat tebing, paragliding, permainan kartu (bridge), dan taekwondo (kyorugi dan poomsae).