16 Mei 2018 08:12:34

Yuk, Kenali Logo dan Maskot Resmi Asian Games 2018!

Logo dan maskot Asian Games 2018 didesain oleh perusahan desain grafis Feat Studio dari Jakarta.

Tahun 2018 menjadi tahun yang penting bagi Republik Indonesia karena di tahun ini berbagai event internasional diselenggarakan. Salah satunya adalah ajang olahraga akbar tingkat Asia atau Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di dua kota yakni Jakarta dan Palembang. Segala hal pun telah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, baik segi teknis, infrastruktur, hingga logo dan maskot Asian Games 2018. Khusus untuk logo dan maskot Asian Games 2018, pihak panitia telah melakukan sayembara dan menetapkan perusahan desain grafis Feat Studio dari Jakarta sebagai pemenangnya.

Logo Resmi Asian Games 2018

Logo resmi asian games 2018Logo resmi Asian Games 2018 berupa tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dengan matahari berada di bagian tengah. Matahari tersebut mencerminkan semangat “Energy of Asia” yang kemudian menyebar melalui delapan jalur ke seluruh Asia sekaligus dunia dengan adanya Asian Games. Logo tersebut menggantikan logo lama yang sebelumnya didesain berupa untaian bulu burung cendrawasih.

Secara keseluruhan, logo Asian Games 2018 menggambarkan harapan agar Indonesia bisa menunjukkan kehebatannya melalui penyelenggaraan Asian Games 2018. Selain itu, logo tersebut juga mencerminkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke seluruh dunia. Dengan adanya logo ini, Indonesia sebagai tuan rumah ingin menunjukkan eksistensinya kepada dunia melalui penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018.


Maskot Resmi Asian Games 2018

Maskot resmi Asian Games 2018 terinspirasi dari  tiga satwa khas Indonesia dari tiga garis edar satwa yang berbeda. Maskot tersebut menggantikan maskot sebelumnya yang bertajuk Drawa (burung cendawasih dalam balutan pakaian pencak silat). Maskot tersebut menggambarkan bahwa Indonesia memang memiliki kekayaan dan potensi yang tidak hanya berupa keragaman flora fauna, tetapi juga etos kerja dan semangat perjuangan.  Maskot yang diberi nama Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka tersebut merepresentasikan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Berikut penjelasan tentang makna tiga maskot Asian Games 2018 tersebut.

1.  Bhin-Bhin

Maskot asian games 2018 bhin bhinMaskot yang bernama Bhin-Bhin digambarkan sebagai seekor burung Cendrawasih atau Burung Surga (Paradisaea Apoda) dari tanah Papua yang mengenakan rompi bermotif Asmat. Burung Cendrawasih dipilih sebagai inspirasi desain maskot Bhin-Bhin karena terkenal dengan kepintarannya yang mampu menyiasati bagaimana cara menghadapi lawan. Dengan demikian, Bhin-Bhin menyimbolkan strategi dalam kompetisi.

Burung Cendrawasih sendiri merupakan burung yang banyak tersebar di wilayah timur Indonesia, khususnya Papua dan Pulau Aru. Burung Cendrawasih disebut sebagai burung dari surga karena memiliki ciri fisik yang sangat indah. Uniknya, burung ini memiliki kebiasaan aneh saat tidur yakni bergelantung seperti kelelawar. Karena populasinya yang sedikit, burung Cendrawasih termasuk satwa langka yang dilindungi oleh pemerintah.

2.  Atung

Maskot asian games 2018 athungSosok Atung digambarkan sebagai seekor Rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii/Axis Kuhlii) yang mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Rusa dipilih sebagai inspirasi desain maskot Atung karena dikenal memiliki kecepatan dan kelincahan yang bisa digunakan untuk mengelabui mata musuh. Dengan demikian, Atung disimbolkan sebagai kecepatan dan kelincahan dalam kompetisi. 

Rusa Bawean sendiri merupakan salah satu spesies rusa yang berasal dari Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Rusa tersebut dinyatakan sebagai rusa endemik karena tidak dapat ditemukan di tempat lain. Hingga saat ini, rusa yang dikenal sebagai hewan nokturnal tersebut berada dalam status dilindungi.

3.  Kaka

Maskot asian games 2018 kakaKaka adalah maskot Asian Games 2018 yang diilustrasikan sebagai seekor Badak Bercula Satu (Rhinoceros Sondaicus) yang mengenakan pakaian tradisional khas Palembang. Badak Bercula Satu dipilih sebagai inspirasi desain maskot Kaka karena terkenal sebagai hewan yang sangat kuat saat melawan musuh. Dengan demikian, Kaka merepresentasikan kekuatan dalam kompetisi.

Badak Bercula Satu sendiri merupakan jenis badak yang hanya ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten. Badak Bercula Satu merupakan salah satu hewan yang sangat langka di Indonesia. Oleh karena itu, hewan yang juga sering disebut sebagai Badak Jawa ini dilindungi oleh pemerintah.