23 April 2018 08:47:53

5 Trik Mudah Mengajak Anak Gemar Membaca

Jika anak gemar membaca buku sejak dini, kreativitas anak akan terlatih.

Sebagian orang tua merasa kesulitan untuk menumbuhkan kegemaran membaca pada anak. Apalagi saat ini gadget dengan berbagai permainan yang menarik sudah banyak bermunculan. Akibatnya, buku bisa menjadi sesuatu yang membosankan sehingga anak cenderung memilih gadget. Padahal, jika anak gemar membaca buku sejak dini, kreativitas anak akan terlatih. Kemampuan bahasa pun akan makin meningkat seiring dengan banyaknya kosakata baru yang anak temui saat membaca. Lebih dari itu, wawasan anak pun akan makin luas. Dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April, berikut kami sampaikan lima trik mudah bagi orang tua untuk mengajak anak gemar membaca.

1.  Memberi Tahu Pentingnya Membaca untuk Masa Depan

Saat anak tidak ingin diajak pergi ke toko buku atau perpustakaan, orang tua dapat mengatakan bahwa membaca akan memperluas wawasan. Beri tahu pada anak bagaimana membaca dapat membantu kehidupan dengan menggunakan contoh praktis. Misalnya, bagaimana Anda mengetahui jawaban dalam tes perguruan tinggi hanya karena gemar membaca. Di sisi lain, orang tua tidak perlu memaksa anak untuk membaca buku-buku yang tebal. Biarkan anak memilih buku yang menarik dan sesuai dengan usianya.

2.  Melatih Kebiasaan Membaca Menggunakan Jadwal

Jika anak sudah mengerti pentingnya membaca, ajak anak agar terbiasa dan rutin melakukannya setiap hari. Sebagai langkah awal, orang tua dapat menyisipkan kegiatan membaca dalam jadwal kegiatan sehari-hari anak. Mulanya, anak diajak untuk membaca seminggu sekali. Kemudian, makin lama frekuensi membaca makin meningkat hingga akhirnya setiap hari anak terbiasa meluangkan waktunya untuk membaca.

3.  Menjadikan Buku sebagai Hadiah Spesial

Jika biasanya orang tua memberi hadiah pada anak berupa mainan, mulai saat ini orang tua sebaiknya menghadiahkan buku. Cara tersebut efektif untuk mengajari anak mencintai buku. Selain itu, anak juga akan cepat akrab dengan buku. Orang tua dapat menghadiahkan buku saat anak mendapat prestasi atau momen tertentu, baik di sekolah, rumah, atau tempat les. Dengan demikian, anak tidak hanya menyukai buku, tetapi juga menghargainya.

4.  Menyediakan Ruang Khusus Membaca

Ruang di sini dapat diartikan sebagai tempat maupun waktu khusus. Jika memungkinkan, orang tua dapat menyediakan perpustakaan mini di rumah. Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah menyediakan rak buku yang diisi dengan berbagai buku bacaan sesuai usia anak di kamar anak. Selanjutnya, orang tua dapat meluangkan waktu untuk menemani anak saat membaca. Orang tua pun dapat menjadikan membaca sebagai kegiatan bersama yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga.

5.  Memanfaatkan Gadget sebagai Media Baca

Jika anak sudah terlanjur mengenal gadget, anak akan lebih cenderung memilih gadget daripada buku. Karenanya, orang tua dapat memanfaatkan gadget untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Orang tua dapat mengakses beberapa situs web yang menyediakan permainan edukasi atau e-book khusus anak. Kalau anak masih kesulitan membaca, orang tua dapat memperdengarkan audio book melalui gadget. Dalam hal ini, penggunaan gadget harus dalam pantauan orang tua agar fungsi utamanya sebagai salah satu media pembelajaran dapat maksimal.