21 Maret 2018 09:15:50

Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun Pelajaran 2017/2018

Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun Pelajaran 2017/2018 dibuat oleh BSNP berdasarkan irisan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013.

Sebagai persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2017/2018, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menerbitkan Surat Keputusan Nomor 0283/SKEP/BSNP/I/2018 tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 pada tanggal 24 Januari 2018. Setelah itu, BSNP juga menerbitkan Surat Pengantar Nomor: 0089/SDAR/BSNP/I/2018 tentang Dokumen Acuan Pelaksanaan USBN Tahun Pelajaran 2017/2018 pada tanggal 26 Januari 2018. Secara eksplisit, surat pengantar tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag), serta Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di seluruh Indonesia. Lebih lanjut, melalui surat tersebut, BSNP menyampaikan informasi mengenai kisi-kisi USBN Tahun Pelajaran 2017/2018.

Komponen Kisi-Kisi USBN

Kisi-kisi USBN merupakan matriks informasi yang dijadikan pedoman untuk menyusun indikator soal serta mengembangkan naskah soal USBN berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI), dan kurikulum yang ditetapkan. Secara garis besar, kisi-kisi USBN terdiri tas dua komponen yaitu identitas dan matriks. Identitas kisi-kisi berisi informasi jenis penilaian/evaluasi yang akan dilakukan, mata pelajaran, jenjang pendidikan, tahun pelajaran, dan kurikulum. Sementara itu, matriks kisi-kisi berisi level kognitif dan lingkup materi.

Fungsi Kisi-Kisi USBN

Kisi-kisi USBN dibuat oleh pemerintah agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk tujuan pelaksanaan USBN. Salah satunya, dengan menggunakan kisi-kisi, penulis naskah soal USBN dapat lebih mudah dalam melaksanakan tugasnya serta hasil yang diperoleh pun sesuai dengan kriteria. Di sisi lain, kisi-kisi USBN juga bermanfaat bagi guru dan siswa. Sebagai ujian yang bersifat evaluasi (menguji penguasaan suatu materi), soal USBN  harus dibuat berdasarkan kisi-kisi agar menjadi panduan belajar bagi siswa dan petunjuk mengajar bagi guru. Dengan kata lain, pembelajaran untuk persiapan USBN akan lebih terarah dan terfokus pada materi-materi yang akan diujikan.

Kisi-Kisi USBN SD/MI

USBN SD/MI pada tahun pelajaran 2017/2018 terdiri atas tiga mata pelajaran yang akan diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Kisi-kisi USBN SD/MI yang dibuat oleh BSNP pun mencakup ketiga mata pelajaran tersebut berdasarkan irisan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sebagai evaluasi untuk menguji penguasaan suatu materi, fokus USBN adalah evaluasi di level kognitif yang meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran untuk setiap mata pelajaran.

Lebih lanjut, kisi-kisi USBN Bahasa Indonesia mencakup 32 indikator yang dikelompokkan dalam 4 lingkup materi yaitu membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas, serta menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca. Kisi-kisi USBN Matematika mencakup 45 indikator yang dikelompokkan dalam 3 lingkup materi yaitu bilangan, geometri dan pengukuran, serta pengolahan data. Kemudian, kisi-kisi USBN IPA mencakup 51 indikator yang dikelompokkan dalam 5 lingkup materi yaitu makhluk hidup dan lingkungannya, struktur dan fungsi makhluk hidup, benda dan sifatnya, energi dan perubahannya, serta bumi dan alam semesta.

Berikut link download Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kisi-Kisi USBN SD-MI Irisan KTSP 2006-Kurikulum 2013.pdf