19 Februari 2018 11:52:20

Mengatasi Siswa yang Kesulitan Menyesuaikan Diri

Sebaiknya guru tidak hanya mengedepankan konsekuensi, tetapi lebih mengutamakan terjalinnya koneksi dengan siswa.

Setiap siswa pasti menginginkan dirinya dapat diterima dengan baik di lingkungan sekolah. Akan tetapi, terkadang apa yang diinginkan tidak sesuai dengan kenyataan. Seringkali, siswa mengalami kendala dalam melakukan penyesuaian diri. Kendala tersebut disebabkan ketidakmampuan siswa untuk menyeimbangkan tuntutan dari dalam dirinya dengan lingkungan tempatnya berinteraksi sehingga terjadi ketidaksesuaian antara diri siswa dan sekitarnya. Dalam hal ini, peran guru sangat dibutuhkan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.

Selama ini, hanya sebagian kecil siswa yang berpendapat bahwa guru benar-benar peduli terhadap mereka. Padahal, guru memiliki banyak kesempatan untuk dekat dengan setiap siswa. Oleh karena itu, guru sebaiknya mampu menciptakan komunikasi yang intensif sebagai langkah awal untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Dengan kata lain, sebaiknya guru tidak hanya mengedepankan konsekuensi, tetapi lebih mengutamakan terjalinnya koneksi dengan siswa. Lebih lanjut, berikut ini tips bagi guru untuk mengatasi siswa yang kesulitan menyesuaikan diri.

1.    Jadilah Sosok yang Disukai Bukan Dibenci

Banyak cara yang dapat dilakukan guru agar menjadi sosok yang disukai siswa. Salah satunya dengan memahami karakter siswa. Siswa akan merasa diperhatikan ketika guru dapat memperlakukan siswa sesuai dengan karakternya. Ketika siswa sudah merasa diperhatikan, siswa akan lebih mudah untuk diarahkan. Hal tersebut tentu dapat membantu siswa merasa nyaman sehingga dapat lebih menyesuaikan diri dengan keadaan kelas atau sekolah tersebut. Dengan demikian, ubahlah cara pandang yang mengatakan bahwa guru harus menjadi sosok yang ditakuti karena justru akan membuat siswa makin kesulitan menyesuaikan diri.

2.    Cobalah Dekat Tidak Hanya dalam Hal Belajar

Tidak hanya sebagai suri teladan dalam hal akademik, guru juga dapat menjadi teman bagi siswa untuk berbagi cerita. Sebagian siswa mengalami kesulitan menyesuaikan diri karena tidak memiliki teman untuk berbagi cerita. Dalam hal ini, guru dapat membantu siswa agar dapat membuka diri sehingga siswa merasa nyaman untuk menceritakan kesulitan atau kendala yang dihadapi. Selanjutnya, guru dapat berbagi solusi agar kesulitan siswa teratasi serta mampu  menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar dan sosialnya.

3.    Lakukan Dialog dan Negosiasi saat Siswa Salah

Memberi hukuman ternyata memiliki efek buruk yang lebih banyak terhadap siswa. Oleh karena itu, hal yang seharusnya guru lakukan saat siswa melakukan kesalahan adalah melakukan dialog dan negosiasi. Cara tersebut tidak hanya bermanfaat untuk membentuk karakter siswa, tetapi juga meningkatkan kemampuan siswa dalam penyesuaian diri. Dengan kata lain, saat siswa melakukan kesalahan, siswa sebaiknya diarahkan untuk menyadari akibat yang akan ditimbulkan jika hal tersebut dibiarkan, perasaan orang lain yang terlibat, serta memikirkan solusi perbaikan.