09 Februari 2018 09:27:39

Tips Menjawab Pertanyaan Unik Siswa

Munculnya pertanyaan-pertanyaan unik, sulit, atau menarik dapat menjadi ciri dari siswa yang kritis sehingga banyak bertanya.

Siswa merupakan sang pembelajar yang tengah mencari ilmu-ilmu baru dalam kehidupannya, sehingga tidak salah jika di dalam pikirannya terdapat banyak pertanyaan-pertanyaan yang belum bisa ia temukan jawabannya. Proses belajar-mengajar di sekolah dapat menjadi wadah seorang siswa untuk menyampaikan beragam pertanyaan dalam pikirannya. Siswa pun menganggap bahwa guru merupakan sosok yang pintar dan mengetahui segala hal untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya. Maka dari itulah seorang guru perlu terus belajar untuk memperkaya wawasan dan mampu membuka wawasan baru bagi siswanya.

Menghadapi pertanyaan siswa tidak hanya dapat diselesaikan begitu saja di dalam kelas. Bisa jadi, seorang siswa menanyakan hal-hal yang sulit untuk diselesaikan guru pada saat itu juga. Munculnya pertanyaan-pertanyaan unik, sulit, atau menarik dapat menjadi ciri dari siswa yang kritis sehingga banyak bertanya. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang berlangsung dapat menarik perhatian siswa untuk berpikir dan belajar. Berikut beberapa tips mengajar bagi guru untuk menghadapi beragam pertanyaan-pertanyaan unik siswa.

1.    Mendengarkan dengan Saksama

Keingintahuan siswa yang sangat besar haruslah ditanggapi dengan serius oleh guru. Cobalah untuk mendengarkan dengan saksama, fokus, serta gestur tubuh dan kontak mata tertuju pada pertanyaan siswa. Sikap guru dalam menghadapi pertanyaan siswa seperti itu akan membuat siswa merasa nyaman dan diapresiasi saat bertanya. Meski siswa belum mendapatkan jawaban dari guru, setidaknya siswa merasa didengarkan dan pertanyaan yang diajukan tersebut diterima oleh guru. Dengan demikian, siswa tidak malas atau takut ketika akan mengajukan pertanyaan. Siswa justru termotivasi untuk aktif bertanya sehingga guru harus mampu mengarahkan pertanyaan siswa agar relevan dengan materi yang sedang dipelajari.

2.    Mendiskusikan Pertanyaan Bersama

Saat guru mendapat pertanyaan yang sulit, guru dapat membagikan pertanyaan tersebut kepada siswa-siswa lain. Hal tersebut harus disampaikan dengan kalimat yang menunjukkan penawaran kepada siswa serta tidak memperlihatkan ketidaktahuan guru. Berbagai pendapat dari siswa mengenai jawaban dari pertanyaan terkait dapat ditampung atau bisa langsung dikonfirmasi jika guru sudah mengetahui (mengingat) jawaban yang sebenarnya. Cara demikian sangat efektif untuk membangun interaksi dalam kelompok besar. Selain itu, siswa yang bertanya maupun yang berhasil menjawab dapat lebih merasa diapresiasi. Di sisi lain, waktu juga tidak akan terbuang percuma karena pertanyaan akan lebih cepat terselesaikan melalui diskusi bersama.

3.    Mengalihkan Pertanyaan Siswa

Salah satu cara yang bisa dilakukan saat mendapat pertanyaan unik dari siswa adalah dengan mengalihkan pertanyaan tersebut. Meskipun kita sebagai guru tidak mengetahui hal yang ditanyakan siswa, sebaiknya tidak mengatakan secara langsung bahwa kita tidak tahu. Sebaliknya, guru dapat mengalihbahasakan kata “tidak tahu” dengan kata lain yang bertujuan agar siswa merasa pertanyaannya direspon baik oleh guru. Selain itu, pastikan bahwa siswa merasa yakin akan dapat jawaban dari guru. Ada beberapa alternatif jawaban yang dapat diberikan guru kepada siswa untuk menunda menjawab pertanyaan, di antaranya: Sebelum saya menjawab, saya perlu ...., Pertanyaan yang lebih baik adalah ...., Saya akan memulai menjawab dengan ...., dan sebagainya.