18 Desember 2017 14:49:11

5 Alasan Pentingnya Orang Tua Memperhatikan Laporan Hasil Belajar Anak

Pentingnya orang tua memperhatikan Laporan Hasil Belajar anak.

Laporan Hasil Belajar atau biasa dikenal dengan rapor adalah dokumen yang berbentuk profil anak yang berisi informasi mengenai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dari semua mata pelajaran sesuai tuntutan kompetensi dasar. Laporan ini menjadi salah satu pertanggungjawaban sekolah kepada orang tua untuk melaporkan hasil analisis perkembangan kemampuan yang telah dimiliki anak selama mengikuti pembelajaran di sekolah. Hasil analisis tersebut berbentuk laporan penilaian yang diperoleh melalui pengukuran atau pengujian.

Laporan Hasil Belajar inilah yang menjadi salah satu media sekolah untuk berkomunikasi dengan orang tua. Oleh karena itu, Laporan Hasil Belajar harus disajikan secara komunikatif sehingga memberikan gambaran yang jelas tentang hasil belajar anak. Dengan demikian, orang tua memperoleh berbagai manfaat terkait informasi mengenai anak melalui Laporan Hasil Belajar. Berikut ini alasan pentingnya orang tua memperhatikan laporan hasil belajar anak.

1. Mengetahui Kemajuan Hasil Belajar Anak

Laporan Hasil Belajar berisi data hasil penilaian yang mencakup berbagai aspek dari semua materi yang dipelajari anak di sekolah. Melalui data tersebut, orang tua dapat mengetahui perkembangan hasil belajar anak. Jika hasil penilaian belajar anak menunjukkan kenaikan, orang tua bisa memberi reward untuk memacu semangat anak. Sebaliknya, jika terjadi penurunan, orang tua dapat melakukan evaluasi dan mencari solusi untuk perbaikan.

2. Membimbing Kegiatan Belajar Anak di Rumah

Berdasarkan data penilaian hasil belajar anak yang terdapat dalam Laporan Hasil Belajar, orang tua dapat menentukan solusi atau cara untuk membantu anak belajar di rumah. Sebagai langkah awal, orang tua dapat memeriksa materi-materi yang kurang dikuasai oleh anak. Kemudian, orang tua dapat mengajak anak untuk mempelajari kembali materi tersebut. Orang tua dapat memanfaatkan berbagai media pembelajaran agar anak dapat belajar dengan mudah dan menyenangkan. Hal tersebut diperlukan agar anak semakin termotivasi untuk belajar.

3. Berperan Aktif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Laporan Hasil Belajar diketahui sebagai penghubung antara orang tua dengan guru. Dengan memeriksa hasil belajar anak, orang tua akan mengidentifikasi penyebab kenaikan atau penurunan hasil belajar anak. Selanjutnya, orang tua dapat memberikan saran kepada sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan hasil identifikasi tersebut. Hal tersebut merupakan wujud peran aktif orang tua dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

4. Memotivasi Anak dengan Melengkapi Fasilitas Belajar di Rumah

Jika terdapat materi atau keterampilan yang mengalami penurunan nilai, orang tua dapat memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuannya. Salah satu cara yang banyak dipilih orang tua adalah melengkapi fasilitas belajar di rumah. Fasilitas belajar tersebut dapat berupa buku-buku pengetahuan yang menarik, media pembelajaran interaktif, dan sebagainya. Hal tersebut dipercaya dapat mengatasi kejenuhan anak saat belajar di sekolah.

5. Mengetahui Bakat dan Minat Anak

Dengan memperhatikan Laporan Hasil Belajar, orang tua dapat mengetahui bakat dan minat anak. Dengan demikian, orang tua dapat mengarahkan anak untuk meningkatkan keterampilan yang sesuai bakat dan minatnya. Hal tersebut menjadi langkah utama bagi orang tua untuk mendukung anak meraih cita-cita.